Sapi Tak Dikandang, Bantuan Rp 500 Juta Bumdesma Denanyar Jombang Disoal Warga

bumdesma denanyar
Kondisi Kandang sapi dari yang kosong tidak terawat di Dusun Denanyar Selatan Desa Denanyar Kecamatan/Kabupaten Jombang. (wacananews.co.id/pras)

JOMBANG, WacanaNews.co.id – Tidak ada di kandang, warga pertanyakan keberadaan sapi dari bantuan hewan ternak dan kandang dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes) sebesar Rp. 500 juta yang dikelola Bumdesma (Badan Milik Desa Bersama) yang berlokasi di Dusun Denanyar Selatan Desa Denanyar Kecamatan/Kabupaten Jombang.

”Pada tahun 2021 kemarin ada bantuan dari Kemendes senilai Rp 500 juta yang dikelola Bumdesma di Desa Denanyar. Dulu ada sekitar 10 sapi dan kandangnya tapi sekarang kok tidak ada. Yang Kandang ayam masih ada isinya,” ujar salah satu warga sekitar yang enggan disebutkan namanya.

Setelah mendapatkan informasi, tim wacananews.co.id mendatangi lokasi. Al hasil memang benar tidak ada satupun sapi di dalam kandang yang tergolong bagus. Hanya ada disampinya ada kandang ayam beserta isinya, Senin (18/7/2022).

Dilokasi juga tidak tampat penyelola yang melakukan aktivitas, bahkan kandar sapi dibuarkan tidak terawat hingga terlihat tumpukan sampah menumpuk didalam kandang.

Sementara dikonfirmasi terpisah Yeyen Kepala Dusun Denanyar Selatan mengakui, ada bantuan berupa kandang sapi dan kandang ayam. ”Ya 2021 kemarin memang ada bantuan dari Kemendes. Sapinya ada 10 ekor dan ayam ada 500 ekor,” bebernya, Senin (18/7/2022).

Ia juga mengaku, saat ini sapi tidak berada di kandang. Kendati demikian, dirinya sendiri tidak mengetahui pasti keberadaan sapi tersebut. ”Karena saya bukan anggota dan hanya ketempatan saja. Nggak tahu itu sapi larinya kemana,” katanya.

Informasi yang ia dapat, salah satu sapi ada yang meninggal karena sakit. Sehingga, sapi tidak ditaruh di dalam kandang. ”Coba konfirmasi ke pengurusnya,” pungkasnya.(pras/w2)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *