Rizieq Shihab Ditahan Usai Diperiksa di Polda Metro Jaya

Habib Rizieq Shihab ditahan
Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab (tengah) berjalan menuju mobil tahanan usai diperiksa di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Minggu (13/12/2020) dini hari. Rizieq Shihab ditahan penyidik Ditreskrimum Polda Metro Jaya untuk kepentingan penyidikan perkara kasus dugaan pelanggaran protokol kesehatan COVID-19 terkait kerumunan di Petamburan, Tanah Abang, Jakarta pada 14 November lalu. (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)

JAKARTA, WacanaNews.co.id — Rizieq Shihab Pemimpin Front Pembela Islam (FPI) ditahan usai menjalani pemeriksaan di Polda Metro Jaya pada Minggu (13/12/20) pukul 00.15.

Penahanan Rizieq Shihab dilakukan usai melakukan pemeriksaan di ruang Ditreskrimum Polda Metro Jaya, saat keluar ruangan pemeriksaan Rizieq mengenakan baju oranye bertuliskan tahanan. Pemimpin Front Pembela Islam (FPI) ditahan di rutan Ditres Narkoba Polda Metro Jaya.

Saat digiring penyidik masuk mobil tahanan, Rizieq sempat mengangkat kedua tanganya yang terikat cable ties. Menurut Kadiv Humas Polri Irjen Argo Yuwono, Rizieq ditahan selama 20 hari ke depan sampai 31 Desember 2020.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus, menyatakan Rizieq hari ini diperiksa sebagai tersangka. Rizieq ditahan untuk mempermudah polisi melakukan proses penyidikan.

“Nanti kami periksa dengan status tersangka,” ujar Yusri, Sabtu pagi, (langsir:kompas.com)

Sebelumnya Rizieq tidak memenuhi panggilan sebanyak dua kali sebagai saksi yaitu pada tanggal 1 dan 7 Desember lalu. Pada panggilan ketiga, Rizieq memenuhi panggilan ke Polda Metro Jaya.

Pemanggilan Rizieq berkenaan dengan kerumunan pada saat acara pernikahan putrinya Shafira Najwa Shihab yang dilanjutkan dengan acara Maulid Nabi pada tanggal 14 November 2020.

Rizieq mengaku hanya pernah pergi ke Petamburan yang merupakan lokasi markas FPI, serta ke kediaman anak dan cucunya di Sentul.

“Saya selalu ada di Pesantren Algokultural Markas Syariat, saya tidak pernah kemana-mana. Itu tempat tinggal saya, sekali-sekali saya turun ke Petamburan, saya turun ke Sentul untuk menengok anak dan cucu,” ujar Rizieq.(langsir:kompas.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *