Keluhan Bau Tidak Sedap, DPRD Jombang Sidak Pabrik Pengolahan Ayam

sidak dprd jombang
Komisi C DPRD Jombang saat melakukan Sidak di Pabrik Pengolahan Ayam di Desa Plosogeneng. (istimewa)

JOMBANG, WacanaNews.co.id — Komisi C DPRD Kabupaten Jombang melakukan Inspeksi Mendadak (Sidak) pabrik pengolahan ayam di Desa Plosogeneng Kecamatan/Kabupaten Jombang, Rabu (25/5/2022).

Sidak yang dilakukan Komisi C DPRD Jombang tersebut setelah mendapatkan keluhan warga Dusun Jabon Desa Plosogeneng yang telah ramai diberitakan sebelumnya.

Ketua Komisi C DPRD Jombang Choirul Anam menjelaskan jika hasil sidak yang dilakukan mendapatkan hasil jika pemilik Pabrik telah mengaku kesalahanya dan tidak akan mengulang kembali membuang limbah ke sungai.

“Ya tadi sudah kami sidak, memang ada kesalahan dipihak pabrik yang punya pak agung. Bahwa memang dia mengakui kesalahanya,” jelas Choirul.

Menurutnya, masih Choirul, bau tidak sedap tersebut dikarenakan amdal pabrik tidak mempu menampung kapasitas limbah karena permintaan meningkat.

“Waktu bulan puasa karena banyaknya permintaan, makanya amdalnya tidak muat dikarenakan pemotonganya kan besar,” tambahnya.

Kesimpulan dari hasil Sidak Komisi C DPRD Jombang tersebut menghasilkan pihak pemilik pabrik berjanji tidak akan membuang limbahnya kesungai lagi.

“Dia akan tidak mengulangi seperti itu lagi, tidak akan membuang limbah kotoran itu kesungai,” pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Jombang sudah mengambil sample air di beberapa titik sumber bau untuk dilakukan laboratorium, namun hasilnya masih belum keluar. (fan/aan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.