DUNIA  

Gasadalur, Desa Tersembunyi di Ujung Bumi

gasa dalur
Keindahan Desa Gasadalur, Desa terpencil di Bumi. (istimewa)

DUNIA, WacanaNews.co.id — Desa Gasadalur yang terletak di Faroe Island arau Kepulauan Faroe Adalah salah satu tempat paling indah yang ada di bumi. Ini merupakan sekelompok pulau di Samudra Atlantik Utara yang terletak 320 KM utara barat laut Skotlandia. Sekitar 580 km dari Norwegia dan sekitar 430 km dari Islandia.

Dilangsir dari Channel Youtube Jelajah Bumi, Wilayah tersebut merupakan salah satu dari tiga negara konstituan yang membentuk kerajaan Demak. Pulau-pulau tersebut memiliki luas total sekitar 1400 km² dengan populasi pada Tahun 2022 sekitar 54.000 jiwa.

Letak geografis kepulauan Faroe membuat cuaca di wilayah ini dapat berubah dalam sekejap. Matahari dapat bersinar namun sesaat kemudian bertiup angin kencang lalu mendung kemudian gerimis bahkan hujan salju.

Kepulauan separuh banyak dihiasi pegunungan yang puncaknya berselimut salju. Padang rumput yang luas tempat domba-domba merumput air terjun yang cantik serta pedesaan dengan rumah-rumah penduduk berwarna-warni.

Kepulauan ini juga dihuni burung Paving jenis burung laut lagi yang memiliki pola bulu hitam putih yang biasanya bersarang di puncak puncak tebing. Salah satu tempat yang sangat menarik di kepulauan Faroe adalah Desa Daluh. Sebuah desa yang dapat dikategorikan sebagai salah satu desa paling terpencil di dunia.

Desa ini dicuri oleh deretan pegunungan berada persis di tepi-tepinya tinggi dengan posisi menghadap langsung ke arah Samudra Atlantik. Menjadikan Desa ini tidak memiliki jalur penghubung dengan desa lain.

Sebelum tahun 2004 hanya terdapat dua cara untuk sampai ke desa-desaan Dalur. Selain menggunakan helikopter secara lain yaitu dengan mendaki pegunungan yang mengelilingi pemukiman. Pegunungan ini menjulang setinggi lebih dari 400 meter kemudian melakukan perjalanan cukup jauh ke arah Desa.

Pilihan lainnya bagi mereka yang cukup berani adalah dengan menaiki permukaan tebing. karena kondisinya yang terisolasi populasi Desa Dalur selalu terus menurun. Meskipun terdapat sejumlah ladang yang sangat bagus pada tahun 2002 hanya terdapat 16 orang yang tinggal di desa ini.

Lalu pada tahun 2012 hanya memiliki 18 populasi yang di tahun 2020 jumlah tersebut semakin menurun menjadi 11 populasi. namun beruntungnya pada tahun 2004 sebuah terowongan melewati gunung sepanjang 4,9 KM berhasil dibangun.

Terowongan ini untuk mempermudah para penduduk bepergian ke desa lain. desanya selalu memiliki banyak pemandangan yang menakjubkan. Ada begitu banyak domba yang mendiami wilayah ini sehingga kepulauan biasa dan telah dikenal luas sebagai Pulau domba.

Diantara semua pemandangan yang sangat mengagumkan itu terdapat satu daya tarik utama yaitu Air Terjun spektakuler bernama Mulafosur. berada diantara hijaunya padang rumput dan bebatuan tebing air terjun Mulafosur terlihat sangat mengagumkan. Aliran air terjun ini mengalir langsung ke Samudra Atlantik.

Itulah sekilas mengenai Desa indah yang sangat terpencil meskipun sangat indah namun jumlah orang-orang yang tinggal di desa ini terus menurun. Minimnya akses dan fasilitas yang memadai mungkin menjadi salah satu faktornya yang mempengarui. (red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *