Wujudkan Hidup Sehat, Dinas Perkim Jombang Bangun 3000 MCK

mck dinas perkim jombang
Pembangunan sarana MCK (mandi, cuci, kakus) Dinas Perumahan dan Permukiman (Perkim) Jombang di Kecamatan Jogoroto.(wacananews.co.id/pras)

JOMBANG, WacanaNews.co.id — Pemerintah Kabupaten Jombang melalui Dinas Perumahan dan Permukiman (Perkim) berkolaborasi dengan Pemerintah Desa berkomitmen membangun 3000 sanitasi berupa sarana MCK (mandi, cuci, kakus) yang tersebar di Desa seluruh Kabupaten Jombang melalui program padat karya infrastruktur untuk mendukung program Jombang Open Defecation Free (ODF).

Pada tahun anggaran 2021, Dinas Perumahan dan Permukiman (Perkim) telah merealisasi MCK Individual kepada masyarakat di Kecamatan Jogoroto sebanyak 120 unit.

Kepala Dinas Perkim Jombang Heru Widjajanto mengatakan, sarana sanitasi MCK menjadi penunjang kehidupan sosial masyarakat. MCK sendiri menjadi cerminan lingkungan yang sehat, bersih serta tertata.

“Potret masyarakat yang rendah ekonomi memiliki tata ruang yang kumuh membuat mereka kurang menyadari arti penting dari fungsi MCK. Dengan adanya sarana ini mampu menunjang kehidupan sosial, budaya serta kesehatan masyarakat,” jelasnya kepada WacanaNews.co.id, Jum’at (10/12).

Menurutnya, Dengan adanya pembangunan MCK umum yang sesuai tata cara perencanaan umum serta menjaga kaidah-kaidah MCK sehat dapat berperan dalam pengendalian lingkungan.

“Pembangunan ini dibungkus dalam program kegiatan BERKADANG. Dimana tujuan dari program ini adalah membantu desa melalui mekanisme bantuan keuangan, yang menyentuh langsung kebutuhan masyarakat dengan bentuk pembangunan fisik/belanja fisik dan non Fisik,” ungkap Heru.

Ia berharap melalui program ini nantinya menjadikan desa desa di Kabupaten Jombang menjadi lebih sehat dan bebas ODF. Dengan harapan masyarakat sudah tidak buang air besar sembarangan lagi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *