Untuk Biayai Kuliah, Mahasiswa Asal STPM Santa Ursula Ende Ini Tanam Cabai di Waktu Liburan

STM Santa Ursula Ende
Daniel Lengi Dando Mahasiswa Sekolah Tinggi Pembangunan Masyarakat (STPM) Santa Ursula Ende. (wacananews.co.id/ms)

NAGEKEO, WacanaNews.co.id — Mahasiswa Sekolah Tinggi Pembangunan Masyarakat (STPM) Santa Ursula Ende Progam Studi Ilmu pemerintahan Daniel Lengi Dando (Nalan) asal Kecamatan Boawae, Kabupaten Nagekeo memanfaatkan waktu liburan menanam Lombok (Cabai) guna untuk membiaya perkuliahan.

Ketika ditemui media ini, pria Asal Desa Raja, anak seorang petani dari Paulus Mega dan Theresia Ebu ini menceritakan, bahwa dalam masa liburannya benar-benar manfaatkan waktu sebaik mungkin.

Bagi Nalan, ketika tidak manfaatkan waktu libur sebaik mungkin akan sangat rugi apalagi untuk membantu orang tua membiayai perkuliahan.

“Saat ini Saya sudah masuk semester 8 di STPM Santa Ursula Ende tentunya kebutuhan makin banyak kedepannya untuk mengurus proposal dan skripsi maka dari itu dengan waktu yang ada ini saya benar-benar gunakan bisa bantu orang tua saya,” pungkas Nalan, Sabtu (12/2/2022).

Lebih lanjut Ia menyampaikan bahwa selama ini diawal liburan telah membentuk kelompok beranggotakan 7 orang.

“Kami 7 orang mempunyai kebun masing-masing dan saya sendiri perkiraan mau mencakupi 1 hektar, setelah itu kami pasarkan sama-sama di Pasar Boawae, ” ungkap Nalan.

Iapun membeberkan langkah-langkah menanam cabai, yaitu: pertama, pemilihan lahan dan ketersediaan air. Setelah itu, pengolahan tanah juga penting, seperti pembersihan sisa tanaman atau gulma, pembuatan bedengan, pengapuran, pemupukan dasar.

Langkah selanjutnya, yakni pemilihan varietas. “Pemilihan varietas, pastinya yang diterima pasar, mempunyai produktivitas tinggi, sesuai kondisi lahan, mempunyai keunggulan toleran terhadap OPT tertentu,” tutur Nalan. (ms/w2)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *