Tingkatkan Nilai Akreditasi, Disdikbud Jombang Berikan Sosialisasi Kepada 200 Sekolah Dasar

akreditasi
Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Jombang Senen saat memberikan sambutan. (istimewa)

JOMBANG, WacanaNews.co.id — Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Jombang menggelar Sosialisasi Akreditasi Sekolah Dasar (SD). Sebanyak 200 Kepala SD Negeri maupun Swasta dihadirkan di Gedung Kesenian Disdikbud Jombang, Senin pagi (4/3/2024).

Kepala Disdikbud Jombang, Senen dalam sambutannya menyampaikan bahwa akreditasi satuan pendidikan merupakan suatu hal yang rutin dilaksanakan dan merupakan bagian dari evaluasi. Pemerintah dan masyarakat bisa melihat kwalitas mutu pendidikan dari akreditasi tersebut.

“Dengan adanya akreditasi, bisa melihat kelemahan dan kelebihan dari satuan pendidikan, sehingga ada langkah-langkah untuk perbaikan pada mutu satuan pendidikan,” ucanya.

Selain akreditasi, Senen juga menyampaikan beberapa himbauan seperti langkah-langkah antisipasi terhadap pencurian di satuan pendidikan, penanggulangan tindak kekerasan serta perundungan pada siswa serta pencegahan penyakit deman berdarah.

Sementara itu, narasumber sosialisasi akreditasi SD Nursamsu dari Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah (BAN-PDM) menjelaskan bahwa Akreditasi harus disiapkan sejak awal.

Seluruh peserta yang hadir dalam sosialiasi Akreditasi Sekolah Dasar yang di gelar Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Jombang. (istimewa)

Ini merupakan kesempatan untuk meningkatkan nilai akreditasi pada satuan pendidikan masing-masing. Tahun ini Akreditasi direncanakan pada April 2024.

“Kerangka Instrumen Akreditasi mencakup komponen kepemimpinan kepala sekolah dalam pengelolaan satuan pendidikan, iklim lingkungan belajar, kinerja pendidik dalam proses pembelajaran, dan hasil belajar,” ucapnya. (dan/jal)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *