Tingkatkan Kawasan Perkotaan, DLH Jombang Tuntaskan Proyek RTH

dlh jombang
Rehabilitasi Taman Asean di Jalan Wahid Hasyim Jombang.

JOMBANG, WacanaNews.co.id — Menutup akhir tahun 2022, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Jombang telah menyelesaikan beberapa proyek pembangunan/ rehabilitasi ruang terbuka hijau perkotaan.

Setelah sebelumnya terbangun Taman informasi di Jalan Wahid Hasyim, pada anggaran PAPBD 2022, 6 Taman kota telah selesai dibangun, diantaranya Rehabilitasi Taman ASEAN di Jalan Wahid Hasyim, Rehabilitasi Taman Mastrip di Jalan Wahid Hasyim, Rehabilitasi Taman Adipura di Jalan pertigaan UNDAR, Rehabilitasi Taman Mastrip di Jalan Wahid Hasyim, Rehabilitasi Trotoar sisi timur Alun-Alun Jombang,

Pembangunan Taman Lampu Jombang Santri (eks Tugu UKS Depan Pabrik Gula Jombang Baru) dan Pembangunan Taman Lampu Jombang Kota Pesantren (eks Tugu UKS Keplaksari), Jumat 30/12/2022.

Menurut Kepala Dinas LH Miftahul Ulum, ST, Msi, pembangunan dan rehabilitasi beberapa taman ini merupakan komitmen Pemerintah Kabupaten Jombang untuk meningkatkan kualitas kawasan perkotaan, menyediakan fasilitas publik ruang terbuka hijau yang representatif, tidak hanya memiliki fungsi ekologi dan estetika kota tetapi juga memiliki fungsi sosial dan dapat digunakan sebagai sarana interaksi sosial masyarakat.

Beberapa taman telah direncanakan dengan konsep tematik, misalnya Taman dan Monumen Mastrip dibangun untuk mengenang perjuangan Tentara Republik Indonesia Pelajar (TRIP) dalam mempertahankan kemerdekaan RI sekaligus untuk menguatkan nilai-nilai kepahlawanan di tengah masyarakat.

Direhabilitasi dengan konsep taman aktif, sehingga tidak hanya memiliki fungsi ekologi dan estetika kota, tetapi sebagai tempat aktifitas sosial masyarakat sekaligus dapat mempelajari sejarah perjuangan MasTRIP yang tergambar pada taman.

Taman Asean pertama dibangun di tahun 2017. Pembuatan taman menunjukkan predikat Jombang sebagai The Most Harmonious City in ASEAN atau kota paling toleran di kawasan Asia Tenggara.

Rehabilitasi monumen ini tetap dengan konsep yang sama, dengan 11 negara ASEAN yang diilustrasi 11 pilar dengan 11 logo negara. Rehabilitasi Taman Asean ini diharapkan menguatkan ikon Jombang sebagai Kota dengan toleransi dalam keberagaman.

Taman Adipura Kencana dibangun sebagai penanda capaian tertinggi Pemerintah Kabupaten Jombang di bidang lingkungan hidup, terutama dalam pengelolaan sampah dan ruang terbuka hijau. Penghargaan Adipura Kencana ini diberikan oleh Presiden RI kepada BupatiJombang di tahun 2014 dan 2017.(pras/w2)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *