Tingkatkan Ekonomi Masyarakat, Bupati Jombang Tebar Benih Ikan Di Sungai Advurbesuk Mojokambang Bandar Kedungmulyo

bupati jombang
Bupati Jombang tebarbenih ikan langsung di sungai Advurbesuk, Desa Mojokambang Kecamatan Bandarkedungmulyo.(wacananews.co.id/aan)

JOMBANG, WacanaNews.co.id – Bupati Jombang Hj. Mundjidah Wahab menyerakan bantuan berupa benih ikan kepada Masyarakat Desa Mojokambang, Kecamatan Bandarkedung Mulyo, dan sekitarnya hari ini, Jumat (11/06/2021).

Bantuan benih ikan tersebut ditebar langsung di sungai Advurbesuk, Desa Mojokambang Kecamatan Bandarkedungmulyo Kabupaten Jombang.

Bupati Jombang dalam sambutanya berharap agar program tebar benih ikan atau Restocking ini akan memajukan kesejahteraan masyarakat, khususnya didesa Mojokambang, Bandarkedungmulyo melalui peningkatan pendapatan masyarakat.

v
“Apa untuk menghasilkan kembali ekonomi dimasa pandemi ini. Apalagi oleh Ibu Kepala Desa akan dirintis dengan mendirikan warung penyetan ikan, tentu jika promosinya dilakukan lewat medsos dan diketahui masyarakat pasti dibutuhkan lahan parkir juga sarana prasarana lainnya. Hal ini juga menjadi ajang promosi potensi oleh khas asli desa”, harap Bupati Jombang.

“Apa yang menjadi gagasan Desa Mojokambang ini bisa dikembangkan secara sinergi antara Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan dengan Dinas Perdagangan dan UMKM juga BUMDes-nya dijalankan,” tambah Bupati Jombang.

Bupati berpesan kepada masyarakat sekitar diharapkan untuk sabar, dan tidak terburu-buru memanen sebelum ikan berumur 3 bulan, agar memberikan manfaat maksimal.

“Jangan terburu-buru gesa dipancing dulu, biar ikannya nanti besar dulu. Pemanfatan ikannya juga jangan sampai berlebihan. Penangkapan ikan juga harus dengan sistem yang ramah lingkungan, jangan pakai setrum, racun ikan, dan bom ikan. Ini menyalahi aturan hukum”, pungkas Bupati.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Murti Cahyani menambahkan, bahwa Potensi Perairan Umum Daratan di Kabupaten Jombang terdiri dari sungai sepanjang 355 km dan waduk seluas 42,04 ha. Produksi hasil tangkap tahun 2019 sebesar 170,1 ton dan tahun 2020 sebesar 150,4 ton. Pada restocking di sungai Advurbesuk, Desa Mojokambang Kecamatan Bandarkedungmulyo ditebarkan benih ikan Tombro sebanyak 70 ribu ekor.

Usai menebarkan 70 ribu benih ikan Tombro, Bupati Mundjidah Wahab Dibantu Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan, Camat Bandar Kedungmulyo, Naning Setyowati Kades Mojokambang, memberikan bantuan kendaraan roda 3 dari dana di DID TA 2022 senilai Rp. 27.500.000 diberikan kepada :

  1. Kelompok Lumbung Sumber Makmur, Dsn. Dander- Desa Manduro Kecamatan Kabuh
  2. Kelompok Lumbung Banyu Urip, Dsn Mundusewu – Bareng
  3. Kelompok Lumbung Bendungrejo – Jogoroto


Bantuan ini sebagai bentuk Perhatian Pemerintah Kabupaten Jombang untuk meningkatan ekonomi masyarakat.

Bupati Jombang didampingi Kepala Dinas Ketahanan Pangan Dan Perikanan Kabupaten Jombang, Murti Cahyani, Kepala OPD terkait, Camat Bandarkedungmulyo, dan Jajaran Forkopimcam Kecamatan Bandarkedungmulyo, Kepala Desa Mojokambang Dan Perangkat Desa Mojokambang, dan KUB Sobo Kali.(aan/w2)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *