Slogan “Sat Set” Ganjar Sudah Dibumingkan Sebelum Pendaftaran Ke KPU

sat set
Tangkapan layar Sat Set Ganjar Pranowo di Youtube.

JOMBANG, WacanaNews.co.id — Pemberitaan penilaian seorang aktivis terhadap dugaan ketidak netralan Pj Bupati Jombang atas pemakaian bahasa Sat Set saat apel di jajaran ASN Pemerintah Kabupaten Jombang yang dinilai memihak ke salah satu calon Presiden berujung somasi terus menjadi pembahasan hangat di kalangan masyarakat Jombang.

Meski sudah diberikan hak jawab dan sudah ditanyangkan di media ini, peristiwa itu diberitakan besar besaran seolah menjadi peristiwa yang menggemparkan. Padahal, permintaan hak jawab dan peringatan adalah hal yang sangar wajar di dunia jurnalistik.

Dalam hak jawabnya, Pj Bupati Jombang Sugiat menjelaskan jika bahasa SatSet yang muncul saat Apel yang ia pimpin adalah merupakan penjabaran dari namanya sendiri. Dan bahasa SatSet juga muncul juga dari Ketua DPRD Jombang yang menyebutkan jika Sugiat itu rajin, SatSet.

“Dengan muncul istilah Sat Set itu, saya waktu itu kan memimpin apel. Saya telusuri saya ambil apel waktu itu tanggal 9 Oktober saya di lantik tanggal 24 September. Dalam apel itu saya menyampaikan arti nama, nama saya kan Sugiat, Su = baik, Giat = Rajin, cepet, satset, Cakcek, umum menurut saya. Dan yang ngomong itu bukan hanya saya, boleh ditanya pak Ketua DPRD, pak Mas’ud Zuremi itu juga ngomong ya sugiat itu rajin, satset boleh ditanya pak Mas’ud,” jelas Sugiat kepada sejumlah Jurnalis, Jum’at (2/2/2024).

Sugiat juga menjelaskan jika habasa SatSet dalam Apel yang ia pimpin muncul lebih dahulu ketimbang saat Pasangan Capres dan Wacapres daftar ke KPU. Dan menurutnya bahasa SatSet itu bahasa umum.

“Dan waktu itu salah satu calon belum membuat tagline itu, tagline itu muncul setelah resmi mendaftar ke KPU tanggal 19 Oktober, boleh di cek. Apakah sebelumnya sudah muncul itu? ya boleh saja tapi kan belum resmi, resminya kan setelah daftar ke kpu, dan itu istilah umum,” paparnya.

Dari jawaban tersebut jika tagline Sat Set muncul setelah daftar ke KPU tanggal 19 Oktorber dan sebelumnya Calon Presiden belum membuat tagline Sat Set. Tim redaksi wacananews.co.id mulai penggalian data dan informasi, dan hasilnya sangat mengejutkan. Bawasanya, tagline Sat Set Ganjar sudah dibumingkan jauh sebelum daftar ke KPU tanggal 19 Oktober 2023.

Pada tanggal 25 Agustus 2023, PDIP menggelar konsolisasi yang turut dihadiri para kader termasuk calon presiden PDIP, Ganjar Pranowo di stadiun Jatidiri Semarang Jawa Tengah. Ganjar dalam pidatonya menyatakan siap Sat Set dan seruduk segala yang menghambat kemajuan bangsa.

Tidak hanya itu, jauh sebelum di usung menjadi calon Presiden, Ganjar Pranowo dalam menjadi Gubernur Jawa Tengah bahasa Sat Set sudah menjadi ciri khas Ganjar dalam memimpin sampai tagline Sat Set di bawa hingga mencalonkan diri menjadi Presiden pada Pemilu 2024. (dan/jal)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *