Sebanyak 120 Santri di Aceh Timur Ikuti Pelatihan Disdikda Aceh Timur

disdikda aceh timur
Suasana Pembinaan dan Pelatihan Ekstrakulikuler Santri Bidang Qiraatil Kutub yang digelar oleh Dinas Pendidikan Dayah (Disdikda) Kabupaten Aceh Timur. (wacananews.co.id/han)

ACEH TIMUR, WacanaNews.co.id — Sebanyak 120 santri di Aceh Timur perwakilan dari dayah mengikuti Pembinaan dan Pelatihan Ekstrakulikuler Santri Bidang Qiraatil Kutub yang digelar oleh Dinas Pendidikan Dayah (Disdikda) Kabupaten Aceh Timur, Sabtu (13/8/2022).

Kegiatan ini akan berlangsung selama 10 hari yang dipaparkan oleh 10 materi baik dari daerah maupun dari luar daerah. Adhuuh apun bidang yang dibina dan dilatih adalah, Ushul Fiqh, Balaghah, Tauhid, Akhlak, Fiqh, Tarikh, Hadist, Nahu, dan Ilmu Tafsir.

Selain itu, Abi Zahrol atau yang akrap disapa Abi Mudi juga turut menjadi pemateri di kegiatan tersebut untuk melatih para santri menjadi santri yang handal dalam membacakan kitabullah.

Kemudian acara ini, dibuka oleh Sekretaris Dinas Pendidikan Dayah Aceh Timur, Ridwan S.Pd, MM namun beliau berpesan kepada seluruh santri, bahwa dari sekian banyak santri yang hadir untuk mengikuti serangkaian pelatihan ini nanti yang betul-betul berusaha dan mahir itulah yang akan mewakili ke tingkat yang lebih tinggi lagi.

“Kita harap para santri untuk belajar dan mendengar dengan bijak sehingga mahir dalam membacakan kitab dan bisa mengikuti ajang kompetisi baik dikancah provinsi maupun internasional,” tuturnya saat menyampaikan sambutan sekaligus membuka kegiatan tersebut.

Kepala Dinas Pendidikan Dayah (Disdikda) Aceh Timur, Rudi Saputra, SSTP, MAP melalui Kabid Pembinaan Santri, Husaini S.Ag menyampaikan bahwa tujuan digelar acara ini adalah untuk mencetak kader ulama penerus kedepan.

“Kegiatan ini adalah untuk menciptakan kader kader ulama muda yang ada di Aceh Timur khususnya, sekaligus juga untuk ajang seleksi persiapan MQK Ke – III Tahun 2023 di Banda Aceh mendatang,” pungkasnya, Sabtu (13/8/2022).(han/w2)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.