Safari Literasi FTBM Ende di Wewaria, Betu Rati Ucap Sangat Bermanfaat

  • Whatsapp
ftbm ende
Forum Taman Baca atau (FTBM) Kabupaten Ende Umar Hamdan bersama rombongan.(wacananews.co.id/ms)

ENDE, WacanaNews.co.id — Ketua Forum Taman Baca atau (FTBM) Kabupaten Ende Umar Hamdan bersama rombongan menjalankan Safari Literasi Di Forum Taman Baca (FTBM) Keda Ngaisia Desa Numba, Kecamatan Wewaria, Kabupaten Ende.

Kedatangan rekan-rekan FTBM Kabupaten Ende disambut langsung oleh Ketua Ranting FTBM Keda Ngaisia Bertolomeus Betu Rati bersama tokoh adat, tokoh Pemerintah Desa, tokoh Masyarakat, tokoh Mudah, dan rekan-rekan relawan atau pengurus Literasi, pada, Selasa (01/06/2021).

Bacaan Lainnya

Kepada wacananews.co.id, Ketua Ranting FTBM Keda Ngaisia, Bertolomeus Betu Rati mengatakan bahwa kedatangan Teman-teman Forum Taman Baca dari kabupaten Ende sangat bermanfaat, guna untuk memberikan edukasi kepada teman-teman relawan literasi yang ada di Desa Numba.

“Program literasi merupakan salah satu program Menteri Pendidikan dan kebudayaan yang mana kita melihat selama ini banyak sekolah-sekolah yang masi sangat tertinggal, terluar, dan sangat terbatas dengan sarana-prasarana maka ini yang harus kita perjuangkan bersama-sama baik pemerintah maupun swasta atau induvidu,” ucap Betu Rati.

Iapun menggambarkan literasi secara garis besar yang di ketahui selama ini oleh masyarakat, hanya Baca dan tulis. padahal banyak sekali jenis-jenis literasi Fundamental yang sangat bermanfaat untuk masyarakat, seperti literasi finansial, literasi, Digital, literasi ekologi, literasi sains dan lain-lain.

Dirinya menceritakan juga terkait dengan potensi-potensi ekonomi yang ada di Desa Numba seperti Kemeri, Kopi, dan Kakao. yang selama ini diolah langsung oleh kelompok tani setempat, yaitu kelompok Seate Satu, tentu sudah menghasilkan dua prodak unggulan seperti kemiri di olah langsung sacara alamiah menjadi minyak kemiri Muri Numba, dan juga Kakao di olah menjadi Tepung Kakao.

“Tentu kedepan kami dari Forum Taman Baca atau (FTBM) Keda Ngaisia akan bekerja sama dengan kelompok Tani Sate Satu karena ini juga begian dari Literasi Finansial,” kata Betu.

Hal yang sama juga di sampaikan oleh Ketua FTBM Kabupaten Ende Umar Hamdan selaku Narasumber memaparkan materi Literasi secara Fundamental dan manfaat literasi kedepan, Guna untuk membatu pola pikir masyarakat baik di tingkat bawah Maupun di lefel Nasional dan paradaban Dunia.

Umar membandingkan Negara Indonesia dengan Negara luar Negeri terkait dengan literasi, bahwa Indonesia sendiri minat literasi masi minim, beda dengan Negara-Negara luar, kita harus lebih mengedepankan literasi apa lagi kita-kita ini sebagai kaum literet, sehingga regenerasi kita kedepannya berwawasan luas, atau kerangka berpikir semakin terbuka.

Ia menjelaskan manfaat literasi sangat besar untuk membantu kebutuhan Sumber daya manusia dan Sumber daya alam, jadi semua enam literasi dasar akan Bermanfaat dan Berkesinambungan, dengan kebutuhan ekonomi masyarakat. contohnya sampah-sampah plastik di olah menjadi barang yang bisa dipakai seperti Tas, Sofa, dan lain-sebagainya.

Selain itu Umar memberikan contoh Literasi Sekolah biasanya sebelum masuk kelas dua puluh menit diwajibkan anak-anak untuk membaca, ada majalah dinding, ada juga diare dinding, itu adalah bagian dari Literasi sekolah, selain itu contoh literasi Keluarga, bagaimana cara menggunakan gejet itu dengan baik, bagaimana cara mendidik anak. untuk membaca buku dengan baik semua ini bagian dari literasi.(ms/w2)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *