Proyek Jalan Kabuh – Tapen 58 Milyar, Diduga Banyak Item Pekerjaan Yang Dicuri

proyek jalan kabuh tapen
Kondisi Proyek Jalan Kabuh - Tapen Kabupaten Jombang yang diduga tanpa Bekisting. (wacananews.co.id/pras)

JOMBANG, WacanaNews.co.id — Pengerjaan Proyek Jalan Preservasi Jalan Kabuh – Tapen Kementerian  Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Pelaksanaan Jalan Nasional Wilayah IV Propinsi Jawa Timur dengan Anggaran Rp. 58.546.845.024 yang dikerjakan PT. Rama Abdi Pratama asal Bekasi Jawa Barat diduga dikerjakan asal asalan dan banyak item perjaan yang tidak sesuai volume dan Spesifikasi.

Fakta baru ditemukan saat tim wartawan wacananews.co.id kembali meninjau lokasi proyek pada 23 Oktober 2023 kemarin. Dilokasi, tim menemukan beberapa pekerjaan yang dinilai salahi metode pekerjaan dan spesifikasi. Adapun temuan yang di dapat sebagai berikut:

1. Item Pekerjaan Perkerasan Beton Semen  dengan Anyaman Tunggal Fs’ 4,5 tebal 25 cm dibeberapa titik diduga dikerjakan tanpa menggunakan bekisting. Pasalnya, dibeberapa meter pekerjaan terlihat benjolan terbungkus plastik menjulang keluar dengan tidak rapi diduga dikerjaan tanpa menggunakan bekisting. Sementara itu, item pekerjaan bekisting mempunyai nilai nominal pada pekerjaan beton tersebut. Pertanyaanya, kemana anggaran pekerjaan bekisting tersebut..?

2. Masih di Pekerjaan Perkerasan Beton Semen  dengan Anyaman Tunggal Fs’ 4,5 tebal 25 cm. Diduga telah terjadi pengurangan volume ketebalan beton di beberapa titik lokasi yang dapat mengakibatkan kerugian Negara.

Pekerjaan Perkerasan Beton Semen dengan Anyaman Tunggal Fs’ 4,5 tebal 25 cm diduga volumenya dikurangi. (wacananews.co.id/pras)

3. Lanjut di Pekerjaan Perkerasan Beton Semen  dengan Anyaman Tunggal Fs’ 4,5 tebal 25 cm. Diduga juga terjadi penambahan jarak pada baja Tie Bar yang seharusnya berjarak 750 mm atau 70,5 cm ternyata dilokasi berjarak antara 800 mm bahkan lebih. Dengan adanya dugaan penambahan jarak Tie Bar tersebut mengakibatkan jumlah Tie Bar akan berkurang dan sangat mempengarui Spesifikasi Beton dan yang pasti menambah keuntungan bagi pelaksana pekerjaan.

Pekerjaan Perkerasan Beton Semen dengan Anyaman Tunggal Fs’ 4,5 tebal 25 cm diduga item Tie Bar diperpanjang jaraknya. (wacananews.co.id/pras)

4. Item pekerjaan Perkerasan Beton Semen  kurus tebal 10 cm diduga dikerjakan kurang dari ketebalan yang ditentukan. Bahkan hampir semua item pekerjaan tersebut diduga dikerjakan tidak sesuai volume yang ditentukan sehingga dapat mengakibatkan kerugian negara.

Sementara itu, Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Proyek Jalan Kabuh -Tapen sesuai nomor yang di dapat wacananews.co.id saat di konfirmasi sampai hari ini enggan memberikan tanggapan sehingga terkesan acuh tak acuh. (mar/pras/jal)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *