Program Ternak Ruminansia Potong Mentan di Jombang, Dinas Peternakan Jombang Diduga Tidak Menguasai Tujuan Program

dinas peternakan jombang
Lirmanu Kepala Bidang Budidaya Dinas Peternakan Kabupaten Jombang saat dikonfirmasi.(wacananews.co.id/sob)

JOMBANG, WacanaNews.co.id – Dinas Peternakan Kabupaten Jombang Propinsi Jawa Timur diduga tidak mengusahi tujuan Program Ternak Ruminansia dari Kementerian Pertanian yang ada di Kabupaten Jombang.

Pasalnya saat dikonfirmasi ke Dinas Peternakan Kabupaten Jombang, pihak Dinas tidak secara jelas menjelaskan program tersebut ataukah memang tidak paham dengan tujuan program tersebut.

Saat ditanya soal teknis dan kreteria program, Dinas Peternakan Kabupaten Jombang melalui Lirmanu Kepala Bidang Budidaya menjawab, semuanya dari pusat setiap kelompok mendapatkan 20 sapi sudah itu saja. Soal kreteria program pihaknya menjawab semua sama satu program, pihaknya mengaku tidak mengetahui.

“Semua dari pusat, setiap kelompok mendapatkan 20 sapi, pun niku tok (sudah itu saja). Secara teknis kita tidak tahu,” jawab Lirmanu, Jum’at (29/01/21).

Ditanya apakah ada Petunjuk teknis program, pihaknya mengaku tidak mengetahui secara jelas petunjuk tenisnya seperti apa.

“Tidak tahu, biasanya juklaknya ada tapi saya tidak tahu, kita hanya pelaksaanya saja. Kalau secara rinci kita tidak ada” jelas Lirmanu.

Ditanya soal sosialisasi program, Lirmanu menjawab, hanya sebatas mendampingi petugas dari Propinsi itupun dilakukan sangat jarang sekali.

“Kita kadang-kadang mengikuti sosialisasi dari Propinsi, Dinas Peternakan Jombang kadang-kadang mendampingi,” tambahnya.

Menurutnya, dua puluh sapi tersebut dijadikan menjadi satu kandang, namun anehnya setelah melalui kesepakatan antar anggota kelompok, sapi tersebut bisa di bagikan ke anggota kelompok. Ditanya soal Rencana Anggaran Biaya dan Proposal pihaknya mengaku tidak mengetahuinya.

“Satu kelompok satu koloni sapi, satu kandang kelompok, dari musyawarah anggota bisa di pisah. Kalok soal itu kami tidak tau,” pungkas Lirmanu.

Perlu diketahui data sementara yang kita himpun, di Kabupaten Jombang terdapat empak kelompok ternak yang telah mendapatkan Program tersebut. Empat kolompot tersebut tersebar di tiga Kecamatan di Jombang yaitu Kecamatan Kudu terdapat Dua kelompok, Kecamatan Kesamben dan Perak masing-masing satu kelompok.(sob/w2)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *