Presiden Jokowi Berikan Sambutan Pada Haul Emas 50 Tahun KH Abd Wahab Chasbullah di Pendopo Jombang

haul KH Abd. Wahab Chasbullah
Presiden Jokowidodo saat memberikan sambutan pada haul Mbah Wahab di Pendopo Jombang.

JOMBANG, WacanaNews.co.id – Presiden Jokowidodo berikan sambutan pada acara Haul Emas Virtual 50 Tahun Pahlawan Nasional KH Abd Wahab Chasbullah (Mbah Wahab) di Pendopo Pemerintahan Kabupaten Jombang, Selasa (22/06/2021).

Acara haul KH Abd Wahab Chasbullah di Pendopo Jombang dihadiri  Sekdakab Jombang, Staf ahli, Asisten dan Kepala OPD serta Ketua DWP dan perwakilan Pengurus DWP mengikuti secara Virtual Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo.

Dalam sambutanya, Presiden Jokowi mengatakan bahwa almarghfurllah KH. Abd. Wahab Chasbullah (Mbah Wahab) Pahlawan Nasional sebagai teladan dalam menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Presiden Jokowi menilai, Mbah Wahab dikenal sebagai ulama besar, inisiator, pendiri, dan penggerak jamiyah Nahdlatul Ulama. Selain itu, Mbah Wahab merupakan kiai yang memiliki wawasan luas,berpandangan modern jauh ke depan dengan cita-cita besar dan mulia. Mbah Wahab adalah salah satu ulama guru yang mengajarkan cinta tanah.

“Beliau juga dikenal sebagai sosok ulama yang mengajarkan cinta tanah air,  Hubbul Wathan Minal Iman,  menggelorakan semangat kebangsaan, selalu berjuang untuk tegaknya NKRI,” tegas Jokowi.

Presiden Jokowi juga menyebut bahwa kiprah KH. Abd. Wahab Chasbullah layak untuk diteladani. “Teladan akhlak Kiai Abdul Wahab Chasbullah akan terus abadi menjadi inspirasi bagi kita semuanya. Terutama dalam menghadapi bangsa seperti saat sekarang ini,” tandasnya.

Haul Emas 50 Tahun KH. Abd. Wahab Chassbullah dipusatkan di Masjid Jami’ Pesantren Bahrul Ulum, Tambakberas, Kabupaten Jombang Jawa Timur ini dihadiri oleh Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, KH. Marzuki Mustamar, dan H. Miftah Maulana Habiburrahman atau Gus Miftah. Sementara Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), KH Said Aqil Siroj hadir secara virtual.

Bupati Jombang, Hj. Mundjidah Wahab, putri Almarghfurllah KH. Abd. Wahab Chasbullah sebagai Ketua Panitia menyebut bahwa Haul Emas ini sangat istimewa. Animo masyarakat sangat besar. “Semula yang akan menyiarkan secara langsung agenda ini 50 channel youtube, namun ternyata hingga hari pelaksanaan sudah 250 Channel Youtube yang ikut berpartisipasi secara langsung kegiatan ini, dan diikuti secara virtual oleh para santri yang ada di dalam negeri maupun di luar negeri.

“Atas nama pribadi dan keluarga, kami menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi kepada semua pihak yang telah mendukung terselenggaranya Haul Emas KH. Abdul Wahab Chasbullah ke 50 secara virtual. Terima Kasih kepada Bapak Presiden Joko Widodo yang secara khusus memberikan sambutan virtual pada Haul Emas ini. Termasuk undangan yang hadir secara fisik dan virtual. Karena di masa pandemi covid 19 ini, haul tetap berlangsung luar biasa. Hampir jutaan termasuk para alumni Ponpes Bahrul Ulum Tambakberas yang tersebar di berbagai negara, hadir mengikuti haul virtual diera digital ini, semoga ini memberikan energi positif bagi generasi muda, para santri, alumni dan menjadi momentum istimewa untuk tanpa gagasan dan wadah pegiat digital, sebab sekaligus akan dilaunching AYSI”, tutur Hj. Munjidah Wahab.

Rangkaian Haul Emas KH. Abd. Wahab Chasbulah selain dilaunching Asosiasi Youtuber Santri Indonesia (AYSI), juga telah dilaksanakan 50 Majelis Khotmil Qur’an di 21 Kecamatan, santunan anak yatim dan duafa. Serta diserahkan penghargaan secara simbolis channel youtube yang turut mendukung menyiarkan secara virtual yang diwakili oleh Channel Khofifah Indar Parawansa, Channel KH. Marzuki Mustamar, Cita Entertainment dan Channel Gus Miftah.(aan/w2)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *