Pelantikan Himpunan Pengusaha Santri Indonesia (HIPSI) Jombang

HIPSI Jombang
Prosesi pelantikan HIPSI Jombang di ruang Bung Tomo Pemkab Jombang.

JOMBANG, WacanaNews.co.id — Bupati Jombang dan Ketua DPP HIPSI, H. Sulaiman hadir menyaksikan Pelantikan Roikhan Arif Pambudi Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Himpunan Pengusaha Santri Indonesia (HIPSI) Kabupaten Jombang beserta jajaran Pengurus oleh Ketua DPW HIPSI Jawa Timur, Burhanuddin pada Minggu,  (27/6/2021) di Ruang Bung Tomo Kantor Pemkab Jombang.

Bupati Jombang Hj. Mundjidah Wahab dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat sekaligus apresiasi atas dilantiknya Roikhan Arif Pambudi, M.H Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Himpunan Pengusaha Santri Indonesia (HIPSI)  Kabupaten Jombang  beserta jajaran Pengurus.

“Terima kasih atas kontribusi yang diberikan Himpunan Pengusaha Santri Jombang kepada Pemerintah Kabupaten Jombang. Teruslah berkontribusi dalam kegiatan pembangunan di Kabupaten Jombang. Terlebih lagi  pada masa pandemi covid-19 yang belum juga berakhir. Ini adalah waktu yang tepat bagi anggota HIPSI untuk mempromosikan produk unggulan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di masing-masing Kecamatan, dengan potensi pemasaran yang luas dan beragamnya produk secara online agar jangkauannya luas hingga lintas negara,” tandasnya.

Bupati juga berharap HIPSI dapat bekerjasama dengan UMKM Pondok Pesantren maupun yang ada di masyarakat umum, memberikan pelatihan pengemasan produk yang menarik, meningkatkan kualitas produk, dan membantu memasarkan produk ke pasar lebih luas dan membantu membuat izin usaha serta sertifikat halal.

Dipaparkan Bupati, bahwa besarnya jumlah santri dan pondok pesantren di Jombang, merupakan potensi kekuatan ekonomi berbasis ponpes yang harus dikembangkan. HIPSI harus memiliki pasar digital, dimulai dari kerja sama dengan yang sudah ada seperti shopee, gojek, grab dan sebagainya. Ini harus disinkronkan dan bekerja sama, atau mungkin para santri memiliki ide-ide yang handal sehingga bisa mendobrak pasar lebih luas.

Para santri harus mampu untuk aktif mengembangkan usaha hingga merambah pasar digital, serta meningkatkan kualitas produk agar mampu bersaing di pasar global. HIPSI Jombang dan Pemkab Jombang harus mampu bersinergi dalam menghasilkan program yang meningkatkan kualitas ekonomi kerakyatan, termasuk di ponpes.

“Saya mendukung upaya santri yang telah kretif melakukan berbagai terobosan untuk membantu pergerakan ekonomi rakyat. Pengabdian yang selama ini telah dilakukan kalangan santri dan pesantren melalui pembangunan akhlak, juga perlu ditingkatkan melalui pengabdian membangun ekonomi rakyat. Pola pemberdayaan pelatihan skill perlu diberikan pada para santri, sesuai dengan potensi yang dimiliki oleh pesantren, seperti contoh cara pengolahaan makanan, otomotif, ternak, pertanian juga bidang lainnya sesuai dengan kebutuhan dari Pesantren, kita juga akan mendukung program Gubernur Jawa Timur “One Pesantren One Product” (OPOP), tutur Bupati Jombang.

HIPSI kedepan juga diharapkan lebih banyak mencetak santri menjadi pengusaha. Agar bisa tercapai  satu juta pengusaha dari kalangan santri, sehingga nantinya para santri dapat berwirausaha secara mandiri, menjadi pengusaha berakhlakur karimah, yang tetap mengedepankan amar makruf nahi mungkar dalam berbisnis agar mendapat berkah barokah.

Ketua DPD Roikhan Arif, menyebutkan bahwa jumlah pengurus HIPSI sebanyak 40 orang. Mereka adalah para pengusaha dari berbagai macam produk  yang sudah diakui  masyarakat keberadaan dan kualitasnya. Mereka adalah para pengusaha santri yang minimal 15 juta rupiah omsetnya.

Terbentuknya HIPSI Jombang dilatarbelakangi oleh semangat Almarghfurllah KH. Abd. Wahab Chasbullah (Mbah Wahab). HIPSI Jombang kedepan akan membentuk Koperasi serta siap mencetak pengusaha santri yang terhimpun dalam organisasi HIPSI.

Kegiatan yang dilaksanakan secara terbatas dan tetap melaksanakan Protokol Kesehatan Pencegahan Covid 19 ini disiarkan langsung di media social Instagram dan Facebook, agar bisa disaksikan oleh pengusaha santri yang lain yang tidak bisa hadir langsung di Bung Tomo, tambah Roikhan Arif.

DPP HIPSI, H. Sulaiman dalam sambutannya menyampaikan bahwa HIPSI adalah wadah organisasi untuk menghimpun dan mencentak pengusaha santri yang berakhlaqul karimah. Ketua DPP HIPSI juga menyampaikan ucapan selamat dengan telah dilantiknya  pengurus HIPSI Jombang.

“Semoga HIPSI Kabupaten Jombang terus produktif dapat melaksanakan Visi Misi HIPSI serta mendukung pemerintah Kabupaten Jombang dalam mewujudkan visi misi Kabupaten Jombang yakni Jombang yang Berkarakter dan Berdaya Saing”, tutur H. Sulaiman.(aan/w2)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *