Meresmikan Taman Informasi, Bupati Jombang Kampanye Pembatasan Plastik Sekali Pakai

taman informasi
Bupati Jombang Hj. Mundjidah Wahab bersama Wakil Bupati Sumrambah saat mengkapanyekan pembatasan penggunaan kantong plastik.

JOMBANG, WacanaNews.co.id — Bupati Jombang Hj Mundjidah Wahab bersama Wakil Bupati Jombang Sumrambah, dan Forkopimda Kabupaten Jombang telah meresmikan Taman Informasi pada Minggu (20/11/2022) pagi, saat Car Free Day.

Lokasinya berada diruang terbuka hijau perempatan Tugu atau Utara PLN Jombang.
Tiba dilokasi, Bupati Mundjidah Wahab didampingi Wakil Bupati Sumrambah, Ketua DPRD dan Forkopimda langsung melakukan pengguntingan rangkaian melati dan memberikan sambutan. Bupati Jombang Hj. Mundjidah Wahab berharap Taman Informasi, menjadi taman yang bermanfaat, terutama sebagai tempat interaksi masyarakat juga edukasi.

“Alhamdulillah Jombang kini tambah lagi tamannya, namanya Taman Informasi. Sebelumnya sudah ada Kebon Ratu, juga Alon Alon selain sebagai wahana edukasi juga ajang untuk berekspresi bagi para pelajar, sekarang panggungnya setiap Minggu selalu diisi dengan kegiatan kegiatan positif. Bedanya di Taman Informasi ini juga ada Videotron yang menayangkan program Pemerintah Kabupaten Jombang, juga ada fasilitasi panggung space kecil untuk berekspresi bagi pelajar juga komunitas “, tutur Bupati Mundjidah Wahab.

“Taman Informasi bisa dimanfaatkan untuk umum dan diprioritaskan sarana edukasi masyarakat saat Car Free Day atau Car Free Night sesuai jadwal. Caranya mengajukan surat permohonan penggunaan Taman Informasi melalui Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Jombang. Sehingga diharapkan ada yang bertanggung jawab terhadap keamanan, ketertiban pengelolaan sampah, parkir dan fasiltas umum yang ada”, tambahnya.

Fasilitasi semacam ini juga telah dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten di Alon Alon Jombang juga Kebon Ratu. Taman Informasi ini sebagai media komunikasi dari pemerintah Kabupaten Jombang kepada masyarakat karena video yang di tayangkan adalah video yang informatif.

“Mari kita jaga bersama sama fasilitas umum yang ada di Taman Informasi juga taman yang lainnya. Tetap jaga ketertiban keamanan, juga kebersihannya”, tutur Bupati Mundjidah Wahab.

Peresmian Taman Informasi yang disiarkan langsung live streaming di YouTube Channel Jombangkab TV oleh Dinas Kominfo Kabupaten Jombang tersebut dirangkai dengan Kampanye Pembatasan Plastik Sekali Pakai oleh Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Jombang. Seluruh kegiatan juga ditayangkan langsung di Videotron saat berlangsung.

Iringan musik Keroncong dari SMP Negeri 2 Jombang turut menyemarakkan acara tersebut. Dansatradar 222 Ploso juga Dandim 0814 juga turut menyumbangkan lagu keroncong.

Usai meresmikan Taman Informasi, Bupati juga mengkampanyekan Perbup Jombang No 56 tahun 2022 tentang Pembatasan Penggunaan Plastik Sekali Pakai di Kabupaten Jombang.

Disosialisasikan bahwa penggunaan Plastik Sekali Pakai (PSP) langsung buang menjadi penyebab pencemaran plastik skala besar di alam. Ditambah lagi, tidak semua plastik memiliki nilai untuk didaur ulang, bahkan secara global hanya 9% plastik yang didaur ulang.

“Yang terpenting, mari kita bersama ikut berperan membatasi penggunaan Sampah Plastik sekali pakai yaitu mengurangi kantong plastik, sedotan plastik, dan Styrofoam serta ikut terlibat dalam pengawasan implementasi Perbup ini. Perbup ini mari terus kita sosialisasikan ke masyarakat”, tandas Bupati Mundjidah Wahab.

Selanjutnya Bupati membagikan kantong ramah lingkungan kepada pengunjung CFD bersama Wakil Bupati Sumrambah, dan pejabat yang hadir. (smt/w2)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *