Membuka Bimtek Peningkatan Kapasitas BPD Ini Pesan Bupati Jombang

bimtek bpd jombang
Bupati Jombang Hj. Mundjidah Wahab foto bersama seluruh peserta Bimtek.

JOMBANG, WacanaNews.co.id — Pemerintah Kabupaten Jombang melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Jombang menyelenggarakan Bimbingan Teknis Peningkatan Kapasitas bagi Anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Se Kabupaten Jombang di ballroom Hotel Fatma pada Kamis (10/11/ 2022).

Pembukaan Bimtek oleh Bupati Jombang Hj Mundjidah ini dihadiri Sekdakab Jombang Agus Purnomo, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Jombang Sholahuddin Hadi Sucipto, S.STP, M.Si, juga dari Komisi A DPRD Kabupaten Jombang Kartiyono selaku narasumber.

Disampaikan oleh Sholahuddin Hadi Sucipto Kepala DPMD Kabupaten Jombang bahwa Bimtek diselenggarakan dalam rangka menggali potensi Sumber Daya Manusia (SDM) BPD, untuk meningkatkan kapasitas anggota BPD. “Sebanyak 275 anggota BPD mengikuti kegiatan ini,” tuturnya.

Bupati Jombang Hj Mundjidah Wahab atas nama pemerintah Kabupaten Jombang, menyambut baik kegiatan tersebut sebagai upaya untuk mewujudkan sinergitas antara Kepala Desa dan BPD dalam membangun desa, serta meningkatkan kapasitas anggota BPD melalui kegiatan bimtek.

“Kegiatan ini sangat penting dan strategis dalam rangka meningkatkan kualitas dan kapabilitas BPD”, tandasnya.

Bupati Mundjidah Wahab menyebut bahwa BPD adalah lembaga miniatur DPR yang ada di Desa, sehingga perlu diberi bimbingan teknis untuk meningkatkan kapasitas dan pengetahuan pengurus BPD dalam rangka melaksanakan tupoksinya dalam bidang perencanaan, legislasi, dan pengawasan.

“Dengan Bimtek ini para peserta diharapkan memahami kedudukan, tugas pokok dan fungsi, hak, kewenangan, dan tanggung jawab BPD dalam setiap tahapan pelaksanaan pemerintahan di desa. Anggota BPD mengerti dan memahami mengenai tupoksi dan pengawasan BPD, peran BPD dalam penyusunan produk hukum desa, serta peran BPD dalam pembangunan desa”, papar Bupati Mundjidah Wahab.

“Jadikan kegiatan ini untuk diskusi mendapatkan ilmu, belajar bersama, wadah silaturahmi dan sebagai ajang bertukar informasi antara Kepala Desa, BPD, dan Camat demi mewujudkan Desa yang Mandiri”, tambahnya.

“Mari satukan langkah, menyamakan cara pandang dalam membangun desa, hindari konflik, arogansi, juga egosentris. Perkuat koordinasi dan tingkatkan kualitas SDM aparatur Pemdes dan BPD, salah satunya dengan bimtek ini”, tutur Bupati Jombang Hj Mundjidah Wahab.

Bupati juga berpesan para BPD mengikuti bimtek ini dengan serius. Sehingga hasil yang didapat dari bimtek ini dapat diterapkan di desa masing-masing sesuai kewenangan, tugas pokok dan bersinergi dalam membangun desa.

Sementara itu Kartiyono dari Komisi A DPRD Kabupaten Jombang dalam materinya menegaskan kepada BPD agar dapat bersinergi dengan seluruh aparatur pemerintahan desa termasuk BPD. “Semua komponen Desa harus nyawiji karepe, semua cita-citanya harus sesuai visi misi Bupati Jombang yaitu mewujudkan masyarakat Jombang yang Berkarakter dan Berdaya Saing.(smt/w2)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *