Kunker Ke Jombang, Wapres Ma’ruf Amin Sholat Jum’at di Ponpes DU Rejoso

ma'ruf amin
Wakil Presiden (Wapres) RI, KH. Ma'ruf Amin saat disambut Bupati Jombang Hj. Mundjidah Wahab.

JOMBANG, WacanaNews.co.id — Wakil Presiden (Wapres) RI, KH. Ma’ruf Amin menunaikan salat Jumat di masjid induk Pondok Pesantren Darul Ulum (PPDU) Rejoso, Kecamatan Peterongan, Kabupaten Jombang, Jawa Timur pada Jumat (3/6/2022) siang.

Kedatangan Wapres ke PPDU merupakan rangkaian kunjungan kerja ke Jawa Timur. Dan di Kabupaten Jombang dijadwalkan pada Jumat (3/6) dan Sabtu (4/6).

Dalam kunjungan kerja yang diagendakan selama dua tersebut,  KH. Ma’ruf Amin direncanakan mengunjungi 4 pondok besar di Jombang yaitu Pondok Pesantren Darul Ulum Rejoso, Pesantren Tebuireng, Pesantren Mambaul Ma’arif Denanyar, dan Pesantren Bahrul Ulum Tambakberas Jombang.

Sekitar 11.15 WIB,  Wapres RI Ma’ruf Amin tiba di Pondok Pesantren Darul Ulum, disambut oleh Bupati Jombang Hj. Mundjidah Wahab bersama Pengasuh PPDU Rejoso KH. Tamim Romly. Tampak Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa dalam rombongan terbatas tersebut.

Sementara itu, lantunan sholawat dari ratusan santri PPDU yang sudah memenuhi masjid menyambut hadirnya rombongan  Wapres RI yang memasuki ndalem kasepuhan.

“Hari ini beliau (Wapres) salat Jumat di masjid induk PPDU. Juga ada penyerahan penghargaan Santri Prenuer Baznas secara simbolis,” tutur salah satu pengasuh PPDU, KH Zulfikar Asad atau Gus Ufik.

Usai menjadi Imam sholat Jumat, Wapres Ma’ruf Amin menyerahkan secara simbolis Bantuan Santri Preuner kepada 3 orang perwakilan Mustahik.

Dalam sambutannya Wakil Presiden Ma’ruf Amin memberikan motivasi kepada seluruh santri yang hadir. Wapres mengatakan, para santri di Pondok Pesantren (Ponpes) bisa menjadi apa saja, termasuk Presiden.

“Santri itu bisa jadi apa saja. Bisa jadi Kiai, bisa jadi Bupati, bisa jadi Gubernur, bisa jadi Menteri, bisa jadi Presiden, bisa jadi Wakil Presiden,” tutur Wapres.

Namun Wapres juga mengingatkan, niat santri dalam menjalankan tugas dan mimpinya harus lillahi ta’ala (karena Allah SWT).

“Niatnya baik, yaitu karena Allah ta’ala, dan mengamalkan ilmunya, dan menghidupkan syariah, dan menyinari, memberi nur pada hatinya, dan menghiasi batinnya dengan ilmu itu, dan mendekatkan diri pada Allah,” kata Wapres.

“Tidak boleh niat karena untuk kepentingan duniawi, untuk menjadi pemimpin, untuk mencari kedudukan, untuk mencari harta, menjadi ingin lebih hebat di tengah teman temannya, dan diagungkan oleh manusia dan sebangsanya lagi. Tidak boleh selain niat lillahi ta’ala,” lanjutnya.

Menutup sambutannya, kembali Wapres memberikan semangat dan mendoakan untuk kesuksesan para santri dalam melanjutkan perjuangan para ulama dan mengisi kemerdekaan.

“Mudah-mudahan kalian nanti ada yang jadi pimpinan nasional. Siapa tahu yang jadi Presiden, Wakil Presiden nanti dari santri Darul Ulum,” tutur Wapres.

“Saya doakan terus Peterongan dan Pesantren Darul Ulum terus menjadi sumber untuk mencetak al mutafaqqih fiddin (ahli ilmu agama Islam) dan kalian semua diberkahi oleh Allah, ilmunya manfaat,” pungkas Wapres Ma’ruf Amin.

Dalam penyambutan Wapres Ma’ruf Amin di PPDU Rejoso, Peterongan, Bupati Mundjidah Wahab hadir didampingi Forkopimda dan Sekdakab Jombang. (aan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *