Kominfo Akan Bangun 59 Tower sinyal 4G di Kabupaten Ende

  • Whatsapp
kominfo ende
Fiktorianus Garibaldus dan pegawai Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI), Afrulo Chaidil Kepala Dinas kominfo, Dion Ali saat ditemui di kantornya.(wacananews.co.id/ms)

ENDE, WacanaNews.co.id — Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) akan bangun Tower sinyal 4G di Kabuputen Ende sebanyak 59 titik.

Diruang kerjanya, bersama staf Kominfo Ende, Fiktorianus Garibaldus dan pegawai Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI), Afrulo Chaidil Kepala Dinas kominfo, Dion Ali mengatakan bahwa Ende memperoleh jatah sebanyak 59 titik tersebar di 7 Kecamatan.

Bacaan Lainnya

Iapun menerangkan jika Dinas Kominfo pernah melakukan Survei dan telah melapor kepada BAKTI sehingga saat ini sebagai kelanjutan pembangunan, BAKTI survei ulang lokasi, Selasa, (08/06/21).

“Permintaan dari BAKTI ukuran lokasi 20 × 20. Selain di 59 titik, kita harus siap tower induk,” tandas Kadis.

Afrulo mengatakan, pembangunan tower menggunakan dana uso, atau dana yang dikumpulkan oleh operator ke suatu pajak dan Kominfo melalui Bakti segera eksekusi jika semua sudah beres.

“Paling lambat bulan desember” terang Afrulo.

Beliau menuturkan 59 titik merupakan lokasi yang benar-benar tidak terhubung jaringan 4G seperti desa Detuwulu dan Oto Gedu Kecamatan Maurole.

Pegawai Kominfo, Fiktorianus menambahkan bahwa kendala yang dialami saat di lapangan yaitu masyarakat tidak mau menghibakan lahan untuk pembangunan tower, karena Bakti tidak ada uang sebagai ganti rugi.

Dirinya menambahkan, telah menjadi aturan main bahwa tanah tersebut harus dihibakan kepada Daerah, sehingga hubungan pembangunan antara daerah dan Bakti, bukan Bakti dengan masyarakat demi terhindar dari pengklaiman antara sesama masyarakat.

Tuturnya, pemasangan tower paling banyak di Kecamatan Ende dan Nangapenda, Dan masa kontrak selama 5 tahun serta ditegaskan, Apabila masyarakat tidak mengkhendaki akan dialih ke Lokasi lain.(ms/w2)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *