Kesbangpol Jombang Berikan Sosialisasi Pendidikan Politik Bagi Pemula

pendidikan politik pemula
Suasana sosialisasi Pendidikan Politik Bagi Pemula di Pendopo Kabupaten Jombang.

JOMBANG, WacanaNews.co.id — Pemerintah Kabupaten Jombang melalui Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Jombang, menyelenggarakan Sosialisasi Pendidikan Politik untuk Pemilih Pemula yakni Pelajar SMA/SMK di Kabupaten Jombang, bertempat di pendopo Kabupaten Jombang pada, Senin (19/9/22) pagi.

Bupati Jombang Hj. Mundjidah Wahab membuka kegiatan tersebut menyampaikan bahwa tahun 2024 merupakan tahun dengan momentum politik yang sangat signifikan. Dimana pada tahun tersebut Indonesia akan menyelenggarakan pemilihan umum (Pemilu) Presiden dan Wakil Presiden, juga Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) secara bersamaan yang akan menentukan Kepala Daerah di tingkat Provinsi dan Kabupaten/ Kota.

“Saya sangat mengapresiasi kegiatan sosialisasi ini, Generasi Milenial sebagai salah satu masyarakat atau pemilih pentingnya pendidikan politik terhadap milenial, perlu ditanamkan agar demokrasi dapat berkelanjutan dalam melahirkan para pemimpin bangsa Indonesia kedepannya”, tutur Bupati Mundjidah Wahab.

Seperti diketahui, generasi milenial memiliki potensi yang besar bagi kekuatan politik karena jumlah yang banyak. Namun, minimnya ketertarikan dan kepedulian terhadap generasi muda yang terlibat dalam partisipasi politik secara konvensional karena berbagai alasan untuk mendapatkan pencerahan atau sosialisasi terkait hal tersebut.

“Kepada pemilih pemula yang hadir, saya berpesan ikuti sosialisasi ini dengan seksama agar dapat menambah wawasan dan pengetahuan politik semua, agar nantinya kalian bisa mengalirkan hak suara dalam pemilihan umum tahun 2024 mendatang sebagai pembelajaran demokrasi bagi kalian semua”, tandas Bupati Mundjidah Wahab.

Kalian yang dihadirkan di Pendopo Pemkab Jombang ini adalah sebagai Penggerak Pelajar di Kabupaten Jombang. Sebagai generasi muda, penerus harapan bangsa, isilah kegiatan kalian dengan hal yang bermanfaat. Teruslah menuntut ilmu. Bagikan ilmu dan wawasan pengetahuan politik hari ini kepada teman teman kalian”, pungkas Bupati Mundjidah Wahab.

Dalam Sosialisasi Pendidikan Politik untuk Pemilih Pemula, yang dimoderatori oleh Kepala Kang Kesatuan Bangsa dan Politik, Drs. Anwar, MKP, pelajar yang mendapatkan materi dari Ketua DPRD Kabupaten Jombang Drs. Mas’ud Zuremi yang memberikan materi terkait Partai Politik dan menceritakan pengalamannya dalam berpolitik.

Sementara itu anggota Komisioner KPU Rita Darmawati, S.Sos, Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih Partisipasi Masyarakat dan Sumber Daya Manusia juga memberikan materi terkait tahapan Pemilu.

Para peserta tanya jawab pemula ini menunjukkan antusias memanfaatkan sesi jawab yang diberikan. Dari kegiatan ini diharapkan dapat menambah wawasan dan pengetahuan para pelajar pemilih pemula, serta meningkatkan pemilih pemula untuk menyukseskan pemilu.

Disela kegiatan Sosialisasi Pendidikan Politik Untuk Pemilih Pemula di Kabupaten Jombang tersebut, Bupati Jombang Hj. Mundjidah Wahab menyaksikan Penandatanganan MoU antara Forum Kerukunan Umat Beragama yakni oleh HM Munif Kusnan, SH, M.Si. dengan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Jombang Senen, S.Sos, M.Si; Kepala Kantor Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Kabupaten Jombang Sri Hartati, S.Sos, MM; dan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Jombang DR. H. Taufiqurrahman, M.Ag.

Yaitu MoU untuk saling bersinergi berdasarkan kewenangan, tugas, fungsi, program dan kegiatan yang saling mendukung serta memperkuat kerja sama dalam rangka Penguatan Moderasi Beragama.

Penandatanganan MoU disaksikan oleh Bupati Jombang Hj. Mundjidah Wahab, dan Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Setdakab Jombang Drs Purwanto MKP. (aan/w2)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *