Kadis Dukcapil Ende: Layanan Online Lebih Mudah Dan Aman

kepala dukcapil ende
Kepala Dukcapil Ende Lambertus Siga Sare.(wacananews.co.id/ms)

ENDE, WacanaNews.co.id — Dalam upaya mengoptimalisasi pelayanan admimistrasi kependudukan di era 4.0, Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Ende terapkan layanan online.

Kepada awak media, diruang kerjanya, Kepala Dukcapil Ende Lambertus Siga Sare menyampaikan, telah mengeluarkan surat Edaran Pelayanan Online. Menurutnya pelayanan online lebih mudah dan aman.

“Seperti diketahui, kita sudah memiliki layanan online, yang kami harapkan masyarakat optimalkan itu. Karena lebih mudah, lebih aman,” papar Ebi, Kamis, (22/07/21).

Beliapun menjelaskan, Laman online dapat di akses melalui alamat website http://disdukcapil.endekab.go.id

Ada 4 layanan online yg sudah tersedia yakni, akta kelahiran, Kartu Keluarga, Kartu Identitas Anak, konsolidasi aktivasi NIK dan KK.

Dirinya menambahkan, Selain itu tetap menerapkan layanan ofline khusus pada akta perkawinan, akta perceraian, akta pindah penduduk, dan KTP dengan protokol kesehatan yang sangat ketat dan terbatas.

“Untuk yg sudah online kami tidak layani lagi secara ofline,” tegas Kadis Dukcapil.

Selain itu, Ebi menerangkan Disdukcapil juga menyediakan layanan melalalui nomor kontak whats app, diantaranya:
1. Layanan pengaduan dan Pertanyaan; 0813-1975-0033
2. KTP-el: 0878-1720-0588/0812-3713-1009
3. KIA: 0852-8251-0546
4. KK dan Surat Keterangan dan pindah datang: 0813-3942-9808/0821-4730-4433
5. Akte kelahiran/akta kematian/akta perkawinan/aktan perceraian dll: 0852-3946-1234/0812-3746-8986.

Kadis Disdukcapil mengutarakan, proses pelayanan Dalam chating whats app dilakukan dengan cara foto dokumen perlengkapan syarat kepengurusan administrasi dan mengirimkan kepada petugas untuk diferifikasi, selebihnya dipandu oleh petugas.

“Setelah jadi, tidak perlu ambil di Disdukcapil, tapi akan dikirim ke nomor kontak Whata app yang terdafar, kemudian diprint menggunakan kertas putih A4 80 gram,” turur Ebi.

Beliaupun menjelaskan, bahwa petugas lebih mudah berkomunikasi menggunakan email karena saat mengirim bisa pastikan tersampai pada tujuan.

Oleh karenanya ia menghimbau agar masyarakat menggunakan email daripada whats app yang tidak terdafar dengan baik.

Selain memanfaatkan era digital iapun mengakui, bahwa yang dilakukannya karena lantaran 5 pegawai tenaga inti disdukcapil terpapar viris corona setelah di swab antigen.

Namun setelah berkonsultasi dengan Sekda dan Bupati ia mendapat restu untuk tetap melayani Adminstirasi kependudukan.

Selain itu, ia menuturkan walau dalam keadaan saat ini tetap melayani hak dokumen kependudukan.

“Saya bilang, teman-teman berilah pelayanan terbaik untuk Ende yang rapih dalam administrasi kependudukan,” pungkasnya Kadis Disdukcapil.(ms/w2)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *