Inilah Alasan Ohoi Wab dan Ohoi Ngilngof Ditetapkan Sebagai Pilot Project Smart Village

Walken Raharusun, Kepala Dinsa Kominfo Kabuaten Maluku Tenggara.(wacananews.co.id/pas)

MALUKU TENGGARA – Inilah tanggapan Kepala Dinas Kominfo, Maluku Tenggara Walken Raharusun Tentang informasi yang beredar di salah satu media Online tentang smart village beberapa waktu lalu, kepada media ini pada Senin, 24 Agustus 2020 di ruang Kerjanya.

Raharusun menjelaskan bahwa terdapat beberapa alasan Berkaitan dengan perencanaa Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Maluku Tenggara tentang Ohoi Wab dan Ohoi Ngilngof yang direncanakan tahun 2021 akan ditetapkan sebagai Smart Village.

Bacaan Lainnya

“Jadi Ohoi Ngilngof, direncanakan karena memiliki, Wabsite sendiri, Ohoi Ngilngof sudah membentuk badan pengelola Destinasi wisata pasir Panjang, Ngilngof sudah memiliki Gren desain pariwisata/site plan” Jelas kadis.

Ditambahkan bahwa Sedangkan pada Ohoi Wab, berkaitan dengan Ohoi Wab, bukan persoalan wisata tapi Ohoi Wab juga sudah mempunyai Website, selain itu secara tidak langsung Ohoi Wab sudah menerapkan smart village, karena sudah menerapkan Sistim administrasi kependudukan berbasis Online, dan di Maluku Tenggara hanya Wab yang menerapkan itu. Dan ini menjadi bahan pertimbangan untuk kami, seandainya Ohoililir sudah menyiapkan itu maka bisa saja Ohoililir juga akan masuk dalam perencanaan Smart Village.

Raharusun menjelaskan bahwa ketika Ohoililir sudah memiliki website sendiri, atau grend desain pariwisata maka, Ohoililir juga bisa diusulkan untuk ditetapkan sebagai Ohoi smart Vilage.

Disinggung soal Pengembangan Pariwisata, Raharusun menjelaskan bahwa, memang itu adalah domainnya Dinas Pariwisata, tapi dari Kominfo siap untuk bekerja sama dengan dinas terkait dalam hal promosi Wisata Maluku Tenggara.

“Kami sudah menyiapkan Website Maluku Tenggara, jadi nanti semua Ohoi di Maluku Tenggara yang mana ada potensi Wisata akan di masukan ke dalam Website ini.selain itu juga ada domain badan Promosi wisata, karena itu, jadi semua Ohoi yang berpotensi wisata termasuk Ohoililir”, katanya.

Raharusun menambahkan bahwa berkaitan dengan masukan dari Ohoililir, kami menerima masukannya sebagai bahan pertimbangan, dan sebagai Kepala Dinas saya berharap, Ohoililir harus mempersiapkan Gren desain wisata, juga website sendiri, karena kami dari Dinas Kominfo akan selalu siap untuk mendukung Ohoililir, dalam pengelolaan wisatanya.(pas/w2)

Tinggalkan Balasan