HUT Kemerdekaan RI Ke-76, 189 Narapidana Lapas II B Idi Aceh Timur Dapat Remisi

  • Whatsapp
lapas idi aceh timur
Syahrizal Fauzi SSTP MAP,Asisten Pemerintahan pada Setdakab Aceh Timur menyerahkan berkas remisi kepada salah satu daripada narapidana yang mendapat remisi umum di hari Kemerdekaan Indonesia ke - 76.(wacananews.co.id/han)

ACEH TIMUR, WacanaNews.co.id — Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II B Idi Kabupaten Aceh Timur, kembali memberikan remisi umum bagi Narapidana dan anak yang telah menjalankan masa pidananya. Pemberian itu, merupakan kado bagi para narapidana yang telah memenuhi kriteria penerima remisi umum.

“Tentunya Hari Ulang Tahun Ke-76 Republik Indonesia adalah momentum yang berbahagia bagi para Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP). Pasalnya, setiap tanggal 17 Agustus para WBP menerima Remisi Umum dalam rangka Hari Kemerdekaan Republik Indonesia,” kata Eka Priyatna BcIp SSos MSi Kepala Lapas Kelas IIB kepada awak media, Selasa (17/8/2021).

Bacaan Lainnya

Eka Priyatna menjelaskan, penyerahan remisi kepada para narapidana dan anak itu,dilakukan tepat pada perayaan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-76.

Lanjutnya Eka, menerangkan, pada HUT RI ke 76 ini, Lapas Kelas IIB Idi, memberikan remisi umum kepada 189 narapidana. Dari usulan remisi 191 orang.

“Dari seluruh narapidana yang menerima Remisi Umum 17 Agustus 2021. Ada remisi umum I sebanyak :185 orang dan remisi umum II : 4 orang,” katanya.

Dia menjelaskan bahwa, hak remisi diberikan sebagai wujud apresiasi terhadap pencapaian perbaikan diri yang tercermin dalam sikap dan perilaku sehari-hari narapidana. Dengan remisi yang diberikan itu, Kalapas Kelas II B Idi, berharap para narapidana bisa berubah menjadi lebih baik lagi, dalam menjalani hari harinya di dalam Lapas dan setelah keluar Lapas.

“Semoga para narapidana bisa mengambil momentum ini supaya bisa menjadi lebih baik lagi,” ujar Eka Priyatna.

Lebih detil, dia menerangkan kalau remisi itu, diberikan pada narapidana yang memenuhi persyaratan administratif dan substantif. Antara lain telah menjalani pidana minimal 6 bulan, tidak terdaftar pada register F (buku catatan pelanggaran disiplin narapidana), serta aktif mengikuti program pembinaan di lapas, rutan atau lembaga pembinaan khusus anak (LPKA).

“Remisi Umum sendiri adalah pengurangan masa pidana yang diberikan setiap tahun pada tanggal 17 Agustus,” jelas dia.

Remisi atau pengurangan masa pidana diberikan kepada narapidana telah diatur dalam UU Nomor 12 Tahun 1995 tentang Pemasyarakatan, PP Nomor 99 Tahun 2012, Keputusan Presiden Nomor 174/1999, serta Peraturan Menteri Nomor 3 tahun 2018 tentang pemberian Remisi kepada Warga Binaan Pemasyarakatan.

Dalam acara tersebut dihadiri, bupati Aceh Timur yang diwakili Syahrizal Fauzi SSTP MAP,Asisten Pemerintahan pada Setdakab Aceh Timur, Kapolres Aceh Timur AKBP Eko Widiantoro S.I.K.MH yang di wakili oleh Wakapolres Aceh Timur Kompol Chairul Ikhsan SIK, ketua DPRK Aceh Timur Muhammad Daud, Kajari Aceh Timur Semeru S.H.MH. Ketua Pengadilan Negeri Idi Ibu Apri Yanti, SH., MH serta tamu undangan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.(han/w2)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *