FPK Jombang Bersama Pemuda Merawat Harmoni Dalam Kebhinekaan

fpk jombang
Pembinaan Kader Muda Forum Pembauran Kebangsaan Kabupaten Jombang dengan tema "Bersama Pemuda Merawat Harmoni Dalam Kebhinekaan", di Pendopo Pemerintah Kabupaten Jombang.

JOMBANG, WacanaNews.co.id —  Pemerintah Kabupaten Jombang melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Jombang menyelenggarakan Agenda Silaturahim Sekaligus Pembinaan Kader Muda Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) Kabupaten Jombang dengan tema “Bersama Pemuda Merawat Harmoni Dalam Kebhinekaan”, di Pendopo Pemerintah Kabupaten Jombang pada Senin, 1 Nopember 2021.

Kegiatan yang diikuti 100 orang dari unsur Kader Pemuda Pemudi Suku dan Etnis yang ada di Kabupaten Jombang ini dibuka langsung oleh Bupati Jombang Hj Mundjidah Wahab.

Bupati Jombang Hj. Mundjidah Wahab dalam sambutannya mengajak para pemuda dari berbagai suku dan agama di Kabupaten Jombang untuk berperan aktif dalam pembangunan. Pemuda Kabupaten Jombang diharapkan menjunjung tinggi semangat persatuan dan kesatuan, gotong royong dan turut menjaga kondusifitas serta suasana damai guna mewujudkan masyarakat Jombang yang Berkarakter dan Berdaya Saing. Sebagaimana yang telah yang telah dilakukan oleh para pendiri dan tokoh pejuang dari Kabupaten Jombang.

“Banyak tokoh asal Jombang yang perjuangannya sangat luar biasa untuk menjaga keutuhan NKRI. NKRI Harga mati”, tandas Bupati Mundjidah Wahab.

Bupati perempuan pertama di Kabupaten Jombang ini juga mengajak para pemuda di Kabupaten Jombang untuk menjadi Pemuda yang tangguh, beriman dan bertaqwa, berakhlaqul karimah. Sebagai para calon pemimpin bangsa, pemuda diharapkan menjauhi berbagai persoalan pengaruh negatif seperti narkoba.

Pemuda diharapkan berperan aktif sebagai kekuatan moral, kontrol sosial dan agen perubahan, dengan menumbuhkembangkan aspek etik dan moralitas, memperkuat iman dan takwa serta ketahanan mental spiritual, meningkatkan kesadaran hukum.

Peran aktif Pemuda sebagai kontrol sosial, memperkuat wawasan kebangsaan, membangkitkan kesadaran atas tanggung jawab, hak dan kewajiban sebagai warga negara, membangkitkan sikap kritis terhadap lingkungan dan penegakan hukum, meningkatkan partisipasi dalam perumusan kebijakan publik, menjamin transparansi dan akuntanbilitas akses informasi, memberikan kemudakan akses informasi.

Peran aktif sebagai agen perubahan. Yakni pendidikan politik dan demokratisasi, sumberdaya ekonomi, kepedulian terhadap masyarakat, Iptek, olahraga, seni dan budaya, kepedulian terhadap lingkungan hidup, pendidikan kewirausahaan dan Kepemimpinan dan kepeloporan.

Narasumber dalam kegiatan ini Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Drs. Purwanto M.KP. menyampaikan materi Peran Pemuda Dalam Pembangunan Bangsa sebagaimana visi misi Kabupaten Jombang “Membentuk Kabupaten Jombang Yang Berkarakter dan Berdaya Saing”

Nara sumber yang lainnya adalah Ketua Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) Kabupaten Jombang Drs. KH. Zaimuddin Wijaya As’ad, M.S.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Jombang Drs. Anwar MKP, Penyelenggaraan kegiatan Pembinaan Kader Muda Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) masyarakat Jombang yang terdiri dari beberapa suku dan etnis ini bertujuan untuk memperkuat silaturahim,  bisa saling melengkapi, menguatkan dan menjaga kondusifitas serta hidup damai bersama untuk meraih kesejahteraan di Kabupaten Jombang.

“Ada sekitar 100 pemuda perwakilan dari Suku Batak, Minang, Melayu, Sunda, Jawa, Madura, Bali, NTT, Ambon, Tionghoa, Minaha juga Papua yang terlibat dalam kegiatan ini dalam rangka memperkuat silaturahim, persatuan dan kesatuan serta memberikan pembinaan kepada mereka guna turut menjaga kondusifitas Kabupaten Jombang”, pungkas  Drs Anwar M.KP.(aan/w2)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *