Ditemukan Arca Nandiswara Pada Ekskavasi Situs Pandegong Hari Ke 2

  • Bagikan
ekskavasi situs pandegong
Pengankatan patung Dewa Siwa pada Situs Pandegong Desa Menganto Mojowarno Jombang.(wacananews.co.id/pras)

JOMBANG, WacanaNews.co.id – Hari ke 2 Ekskavasi Situs Pandegong di Desa Menganto Kecamatan Mojowarno Kabupaten Jombang ditemukan Arca Nandiswara dan Motif hias pada bangunan Situs.

Tak hanya itu, Tim Ekskavasi juga sudah mampu menemukan perkiraan sudutan kearah ke Utara dan barat tepatnya disebelah darat daya Situs Pandegong.

“Alhamdulillah dihari kedua ini kita sudah menemukan suatu motif hias yang biasanya menghiasi sebuah diding struktur bangunan atau pagar, kalok prof Aris Munandar menyebutnya sebagi salip portugis atau palang Yunani tetapi tinggal separo saja,” terang Yudi Susanto selaku Pamong Budaya Ahli Pertama dari BPCB Jawa Timur, Sabtu (13/11/21).

Temuan Motif Hias pada Situs Pandegong diperkirakan sejak masa klasik muda sekitar abat ke 12-13. Namun sanyangnya, struktur pada Situs Pandegong sendiri terdapat kecenderungan pergeseran pada posisi aslinya dikarenakan aktivitas akar pohon.

“Menurut beberapa peneliti, menjeneralisir dari temuan-temuan yang ada di Jawa Tengah maupun di Jawa Timur ragam hias muncul di masa klasik muda sekitar abat 12-13, Cuma itu masih jeneralisir dari berbagai temuan, terkait pastinya kapan belum bisa kita pastikan,” tambahnya.

Menjelang sore hari, tim Ekskavasi berhasil menemukan Arca Nandiswara yang berlokasi di Barat Daya situs. Penemuan Arca Nandiswara sendiri dalam kondisi setengah badan dari kepala hingga pundak saja dengan posisi sudah terpisah dengan diding situs.

Ekskavasi Situs Pendegong sendiri dilakukan oleh tim teknis dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Jombang dengan berkolaborasi dengan Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Timur selama sepuluh hari.(pras/w2)

Tonton Vidionya disini: Detik – Detik Penemuan Arca Nandiswara Pada Ekskavasi Situs Pandegong Hari Ke-2

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *