Disdikbud Jombang Gelar Pembinaan Pembimbing Mulok Keagamaan Islam Jenjang SD

mulok disdikbud jombang
Suasana Pembinaan bagi para pembimbing Muatan Lokal Keagamaan Islam jenjang SD se Kabupaten Jombang.

JOMBANG, WacanaNews.co.id — Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Jombang melaksanakan kegiatan Pembinaan bagi para pembimbing Muatan Lokal (Mulok) Keagamaan Islam jenjang SD se Kabupaten Jombang mulai hari senin sampai dengan selasa yaitu tanggal 30 oktober 2023 diikuti 5 kelompok dan tanggal 31 Oktober 2023 dikuti 4 Kelompok dengan total peserta 313 orang dari 21 kecamatan.

Dalam kegiatan Mulok Keagamaan jenjang SD yang digelar di 5 lokasi berbeda yaitu aula 2 dan aula 3 Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Jombang, Masjid Pendidikan, aula wilker Jombang dan mushola wilker Jombang tersebut.

Kepala Bidang Pembinaan Sekolah Dasar, Rhendra Kusuma, S.Kom berpesan kepada para peserta agar mengikuti kegiatan dengan sebaik baiknya, berusaha tepat waktu membulatkan tekat dan komitmen untuk menuntut ilmu.

Ia juga menjelaskan bahwa kegiatan serupa akan dilaksanakan kembali tanggal 15 dan 16 November 2023 dengan materi yang berbeda pada sosialisasi pembinaan yang dilaksanakan di aula SMKN 3 Jombang, Rendra Kusuma memaparkan bahwa

“Usia bukanlah halangan untuk menuntut ilmu, segala keterbatasan yang ada harus dianggap sebagai tantangan pribadi demi meningkatkan kompetensi diri sebagai bagian dari tanggung jawab selaku pembimbing mulok keagamaan Islam”, kata Rhendra.

Ia menekankan bahwa keberlangsungan pembimbingan mulok keagamaan di kabupaten Jombang memerlukan tanggung jawab semua pihak, yaitu Dinas pendidikan dan Kebudayaan, pembimbing mulok keagamaan, Kepala sekolah dan orang tua peserta didik yang harus bersinergi dan saling mendukung.

Pembina yang berkompeten dipilih dan dipersiapkan Dinas Pendidikan untuk membina pembimbing mulok keagamaan berasal dari unsur yang beragam yaitu pembimbing jenjang SMP/SMK, ketua KKP Mulok keagamaan kabupaten, Pengasuh Pondok pesantren, yayasan yang bergerak di tahfidz Qur’an, dan guru PAI lingkup Dinas Pendidikan dan Kebudayaan serta Kementrian Agama di Kabupaten Jombang.

Selanjutnya, selesai pelaksanaan pembinaan selama 2 kali secara kelompok dan 2 kali secara mandiri, para pembimbing akan bersiap untuk mengikuti kegiatan Munaqosyah Tahap 2 bagi Pembimbing Mulok Keagamaan Islam metode Tilawati yang rencananya akan digelar tanggal 20 dan 21 November 2023. (aan/jal)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *