Bupati Jombang Serahkan Bantuan Sepatu AFO Kepada 5 Anak Berkebutuhan Khusus

Bupati Jombang Hj Mundjidah Wahab saat menyerahkan Bantuan Sepatu AFO kepada anak berkebutuhan khusus.
Bupati Jombang Hj Mundjidah Wahab saat menyerahkan Bantuan Sepatu AFO kepada anak berkebutuhan khusus.

JOMBANG, WacanaNews.co.id — Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Jombang beserta Pemerintah Kabupaten Jombang melaksanakan serah terima bantuan sepatu Ankle Foot Orthosis (AFO) dan bantuan gizi kepada 5 (lima) anak berkebutuhan khusus di Kabupaten Jombang.

Ankle Foot Orthosis (AFO) adalah alat bantu ortopedi yang berbentuk splint, yang diharapkan dapat menutup sebagian daerah lesi atau kecacatan yang dipasangkan pada area ankle kaki.

Bacaan Lainnya

Kegiatan serah terima ini dipimpin langsung oleh Bupati Jombang, Hj. Mundjidah Wahab dan Ketua Baznas Kabupaten Jombang, Didin A. Sholahuddin pada, Jum’at (04/09/2020) siang.

Kegiatan serah terima dimulai dari Dusun Kedungotok Desa Kedungotok Kecamatan Tembelang yang diserahkan kepada Lintang Ratri Kumala Dewi (13th) penderita penyakit Hidrocefalus.

“Alhamdulillah, terimakasih saya sampaikan kepada BAZNAS yang telah menjalankan amanah dari para donatur. Semoga bantuan ini memberikan manfaat bagi penerimanya, terutama kepada Lintang saya berpesan tetap semangat, berlatih berjalan dan tetap menuntut ilmu meski harus ikut Kejar Paket “, tutur Bupati Jombang Hj. Mundjidah Wahab saat menyerahkan bantuan kepada Lintang.

Kemudian, serah terima dilanjutkan ke Dusun Bungkil, desa Kedungrejo, Kecamatan Megaluh atas nama Tanti Suci Enggarwati (10) yang sedang menderita penyakit Celebral Palsy.

Untuk berikutnya, serah terima dilanjutkan oleh tim Baznas Kabupaten Jombang kepada penerima lainnya.

Adapun ketiga nama penerima sepatu AFO dan bantuan gizi lainnya, yakni :

  1. Muhammad Dhiyaaul Alfan (8), Jl. Raya Ploso, Desa Losari, Kecamatan Ploso;
  2. Ainur Syifa (9), Dusun Mambang, Desa Tondowulan, Kecamatan Plandaan, dan;

  3. Junaid Maulana Rafif (8), Dusun Kedungcaluk, desa Kedungbogo, Kecamatan Ngusikan.

Sebelumnya, kelima anak tersebut telah mendapatkan pelayanan obat-obatan, bantuan gizi dan terapi sebanyak 2 (dua) kali dalam seminggu selama satu hingga dua bulan terakhir dari Baznas Kabupaten Jombang.

Pelayanan terapi dilakukan dengan mendatangkan terapis profesional ke rumah masing-masing anak. Sehingga dalam waktu yang relatif singkat, setiap anak mengalami perkembangan membaik yang cukup pesat.

Meskipun beberapa anak sudah mampu berjalan, bentuk tulang kaki mereka belum proporsional. Oleh karena itu, Baznas Kabupaten Jombang memberikan bantuan berupa sepatu AFO untuk hasil yang lebih maksimal.(*)

Tinggalkan Balasan