Bupati Jombang Pimpin Apel Kesiapsiagaan Pasukan Dan Perlengkapan Penanggulangan Bencana

Bupati Jombang, Hj. Mundjidah Wahab dalam amanatnya menyampaikan kepada masyarakat agar lebih waspada dan siap siaga.

JOMBANG, WacanaNews.co.id — Sebagai langkah antisipasi dan kesiapsiagaan guna menghadapi fenomena La Nina yang akan sangat mempengaruhi terhadap curah hujan di Indonesia juga bencana Hydrometeorologi seperti banjir dan tanah longsor Pemerintah Kabupaten Jombang menggelar Apel Kesiapsiagaan Pasukan dan Perlengkapan dalam rangka penanggulangan bencana Hydrometeorologi pada Kamis (05/11/20) pagi di lapangan Pemkab Jombang.

Bupati Jombang, Hj. Mundjidah Wahab dalam amanatnya menyampaikan kepada masyarakat agar lebih waspada dan siap siaga terutama warga yang berada dikemiringan lebih dari 30 derajat atau kawasan rawan longsor untuk lebih berhati hati.

“Saya juga meminta warga untuk mengantisipasi adanya pohon yang mudah tumbang atau patah cabangnya, sehingga jangan berada di bawah pohon, serta waspadai tiang listrik yang konrsleting dan roboh tertimpa pohon, lebih lebih disaat hujan lebat yang disertai angin kencang”, lanjutnya.

Pemerintah Daerah sebagai First Responder penanggulangan bencana dan Sekretaris Daerah, Kepala BPBD Ex-Officio sebagaimana amanat undang undang agar terus memperkuat kelembagaan BPBD, menyiapkan dan melatih personil yang handal serta mengalokasikan dan meningkatkan dukungan anggaran yang memadai termasuk siap pakai bagi penyelenggaraan penanggulangan bencana.

“Gunakan dan manfaatkan anggaran penanggulangan bencana secara optimal, sesuai aturan perundangan yang berlaku, dengan kata lain jangan takut, tolong segera pelajari, pahami dan implementasikan sesuai peraturan perundang undangan dalam perencanaan, pelaksanaan anggaran penanggulangan bencana, “pesan Bupati Jombang.

Ucapan terima kasih dan apresiasi juga disampaikan Bupati kepada jajaran  BPBD Jombang dan Instansi terkait atas kesungguhan dan kerjasama dan kerjakerasnya dalam pengabdiannya demi kemanusiaan.

“ Kerja keras tersebut menjadi tanggungjawab kita ke depan, untuk terus meningkatkan kualitas penyelenggaraan penanggulangan bencana. Sekali lagi, saya ucapkan terimakasih, semoga apa yang kita lakukan seluruhnya akan memberi manfaat bagi masyarakat, bangsa dan negara sekaligus membangun semangat kita untuk terus berjuang demi kemanusiaan”, tutur Bupati Mundjidah Wahab.

Tampak ikut serta dalam apel tersebut Kapolres Jombang, AKBP Agung Setyo Nugroho, SIK,  Kasdim 0814, seluruh Camat  Danramil, Kapolsek juga Kepala OPD. Adapun peserta apel terdiri dari 3 pilar ditingkat  desa, Polri, TNI, Dinas Perhubungan, Satpol PP, Relawan Semar, Sendok, Banser, Orari serta Pramuka.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *