Bupati Jombang Paparkan Program Kabupaten Layak Anak Secara Virtual

  • Whatsapp
kabupaten layak anak jombang
Bupati Jombang Hj. Mundjidah Wahab saat memaparkan Program Kabupaten Layak Anak.

JOMBANG, WacanaNews.co.id — Bupati Jombang, Hj. Mundjidah Wahab didampingi Forkopimda, Kepala Bappeda, Kepala DPPKB dan PPPA dan tim Gugus Tugas Kabupaten Layak Anak memaparkan secara virtual Kepada Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) RI untuk Verifikasi Lapangan Kabupaten Layak Anak (KLA) tingkat Nasional, diruang Bung Tomo Kantor Pemkab Jombang, Jumat (25/6/2021) pagi.

Tim Verifikasi Lapangan KLA dari Kementerian PPPA, setelah sebelumnya sudah langsung turun ke Kabupaten Jombang, kini secara virtual kembali melihat bagaimana pemenuhan hak-hak anak dalam Sistem Pembangunan Kabupaten Layak Anak di Kabupaten Jombang, serta melihat bagaimana, kordinasi yang dibangun Pemerintah Kabupaten Jombang.

Bacaan Lainnya

“Saya berharap, dengan terselenggaranya kegiatan Verifikasi Lapangan Kabupaten Layak Anak tahun 2021 ini, dapat memberikan manfaat yang besar untuk memastikan bahwa hak-hak setiap anak dapat terpenuhi,” kata Bupati Mundjidah Wahab.

Menurutnya, kegiatan ini dapat menjadi acuan dalam membangun komitmen bagi para pembuat kebijakan dalam menyusun kebijakan dan program kegiatan. Sehingga kedepannya dapat mewujudkan KLA di Kabupaten Jombang melalui koordinasi dan sinkronisasi program serta kegiatan Kabupaten Layak Anak.

“Semoga verifikasi lapangan KLA tahun 2021 ini dapat memberikan hasil yang terbaik dan meningkat dari tahun sebelumnya, dan berhasil naik ketingkat Utama, setelah sebelumnya berada pada tingkatan Nindya, tutur Bupati perempuan pertama di Kabupaten Jombang ini.

Hj. Mundjidah Wahab Bupati Jombang juga mengatakan, KLA merupakan penghargaan dari Presiden RI yang diberikan kepada Kepala Daerah atas prestasi dan kontribusi dalam mendukung pemenuhan hak anak dan perlindungan untuk semua anak.

Untuk itu, pihaknya sangat mengapresiasi atas diselenggarakannya Verifikasi Lapangan Kabupaten Layak Anak oleh Tim Independen bersama Tim Asisten Deputi Kementerian PPPA.

“Semoga kegiatan ini dapat dijadikan sebagai sarana untuk mendukung komitmen Pemerintah Daerah dalam upaya pengembangan Kabupaten Layak Anak serta meningkatkan koordinasi semua pihak dalam upaya pemenuhan hak anak serta perlindungan anak yang dilakukan secara berkesinambungan dan berkelanjutan,” tandasnya.

Sejak 2015, Kabupaten Jombang secara berturut turut berhasil menjadi Kabupaten Layak Anak dengan tingkatan Madya selama 3 tahun. Kemudian pada 2018 meningkat ke Nindya. Dan kali ini targetnya adalah meningkat dapat meraih tingakan Utama.

Pada kesempatan tersebut dipaparkan sendiri oleh Bupati Jombang Hj. Mundjidah Wahab, bagaimana Komitmen Bupati juga semua pihak dalam mewujudkan Kabupaten Jombang Layak Anak. Termasuk tentang kelembagaannya, Peraturan Perundang-undangan yang telah ada, Inovasi yang dilakukan, juga kerjasama dan sinergitas yang dilaksanakan serta dukungan penganggarannya. Masing-masing Kepala OPD juga turut menambahkan program inovasi yang telah dilaksanakannya.

Yusuf Al Farisi tim Verifikasi Lapangan mengapresiasi sekaligus memberikan saran masukan kepada Tim Gugus Tugas KLA, juga mengapresiasi usulan Forum Anak yang sudah diakomodir. Dikatakannya anak menjadi bagian terpenting dalam pembangunan.

Jasra Putra, Tim Verifikasi Lapangan KLA yang telah melihat kondisi langsung dilapangan juga sinergitas program yang dibangun berharap Pemerintah Kabupaten Jombang bisa lebih memaksimalkan dalam mewujudkan Kabupaten Layak Anak di Kabupaten Jombang.(aan/w2)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *