Baitul Mal Gampong Teupin Pukat Aceh Timur Diresmikan

baitul mal gampong teupin
Ketua Badan Baitul Mal Kabupaten Aceh Timur, Tgk Tajul Ula, telah meresmikan Baitul Gampong Teupin Pukat, Kecamatan Nurussalam, Kabupaten Aceh Timur.(wacananews.co.id/han)

ACEH TIMUR, WacanaNews.co.id — Bupati Aceh Timur melalui Asisten ekonomi dan pembangunan H. Aiyub, SKM, M.Si bersama Ketua Badan Baitul Mal Kabupaten Aceh Timur, Tgk Tajul Ula, telah meresmikan Baitul Mal Gampong Teupin Pukat, Kecamatan Nurussalam, Kabupaten Aceh Timur, Kamis (02/11/2021) pagi.

Acara yang dipusat di halaman Menasah Gampong tersebut berlangsung sukses dan khidmat. Asisten II, H. Aiyub dalam sambutanya mengatakan, bahwa di Aceh Timur ada dua Baitul Mal Gampong, satu di Kecamatan Madat dan satu lagi di Gampong Teupin Pukat.

“Namun, untuk peresmiannya, Baitul Mal Gampong Teupin Pukat, Kecamatan Nurussalam merupakan yang pertama di Aceh Timur,” ungkap H. Aiyub.

Tambahnya, wadah Baitul Mal yang telah diresmikan hari ini merupakan salah satu wadah guna menciptakan kesejahteraan umat yang dapat mengelola zakat, infak dan sedekah, yang kemudian disalurkan secara transparan oleh pengurus Baitul Mal.

“Karena Baitul Mal telah ada sejak masa Rasulullah SAW. Untuk kami mengharapkan dengan adanya Mal Gampong seperti ini dapat membangun umat lebih sejahtera dan dapat mengentaskan kemiskinan melalui Baitul Mal ini,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua Badan Baitul Mal Kabupaten Aceh Timur, Tgk Tajul Ula dalam arahannya menyampaikan, bahwa berdirinya Baitul Gampong merupakan amanat dari Qanun Aceh Nomor 10 Tahun 2018.

“Baitul Gampong Teupin Pukat yang telah kita resmikan hari ini menjadi perpanjangan tangan kami Badan Baitul Mal Kabupaten dalam menyalurkan Zakat, Infak dan Sedekah kepada Mustahik yang ada di Gampong Teupin Pukat,” ujar Tgk Tajul Ula.

Tgk Tajul Ula mengharapkan, kepada seluruh Pengurus Baitul Mal Gampong Teupin Pukat, kiranya kedepan dapat mengurusi seluruh harta agama dengan baik termasuk mengurus administrasi tanah wakaf dengan teratur.

“Kendati pun Baitul Mal Gampong telah diataur dalam Qanun Aceh Nomor 10 tahun 2018, namun sifat Baitul Mal Gampong masih independen dalam mengumpulkan dan menyalurkan zakat, infaq dan sadaqah kepada mustahik,” tambahnya.

Ketua Panitia Pelaksana Peresmian Baitul Mal Gampong, Ilyas Ismail, yang juga merangkap Ketua Bidang Pengembangan, mengucapkan terima kasih kepada Bapak Bupati Aceh Timur atau yang mewakili dan Ketua Badan Baitul Mal Aceh Timur yang telah meresmikan Baitul Mal Gampong Teupin Pukat.

“Alhamdulillah, dengan prioritas utama kami adalah untuk menghapus kesedihan pada raut wajah para yatim piatu, Insya Allah kedepan melalui program Baitul Mal didukung oleh Badan Baitul Mal Kabupaten Aceh Timur, dan Aceh, kita akan berupaya untuk membangun kemakmuran dan kesejahteraan ummat,” beber Ilyas Ismail.

Hadir pada acara peresmian sekaligus penyantunan anak yatim, Bapak Asisten II Setdakab Aceh Timur, Ketua Badan Baitul Mal Kabupaten Aceh Timur dan Komisioner. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Aceh Timur, Camat Nurussalam, Danramil Nurussalam, Kapolsek Nurussalam, Kepala KUA Nurussalam, Ketua MAA Kabupaten Aceh Timur, Kepala dan Staf Dinas Syariat Islam Kabupaten Aceh Timur, para keuchik dan imam gampong tetanga, serta masyarakat Gampong Teupin Pukat.(han/w2)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *