Apel Pasukan Pelaksanaan PPKM Darurat di Jombang

apel PPKM Jombang
Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Jombang DR. H.Akh. Jazuli, SH, MSi saat memimpin apel.

JOMBANG, WacanaNews.co.id — Bupati Jombang, Hj. Mundjidah Wahab, diwakili Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Jombang DR. H.Akh. Jazuli, SH, MSi bersama Kapolres AKBP Agung Setyo Nugroho SIK dan Dandim 0814 Letkol Inf. Triyono SE Leading Apel Gelar Pasukan PPKM Darurat Covid 19 yang juga diikuti Dansatradar 222, tim gabungan Satgas Covid 19, TNI, Polri, Satpol PP, Dinas Perhubungan dan Dinas Kominfo Jombang. Apel persiapan PPKM Darurat COVID-19 di Jombang, pada Sabtu (3/7/2021) pagi, bertempat di lapangan Mapolres Jombang.

Membacakan sambutan Bupati Jombang, DR. H. Akh Jazuli, Sekdakab Jombang, mengatakan bahwa Pemerintah Kabupaten Jombang siap Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomer 15 juga Nomor 16 Tahun 2021, Surat Keputusan Gubernur Jatim Jombang tentang Pelaksanaan PPKM Darurat yang dimulai 3 – 20 Juli 2021 di Kabupaten Jombang.

Menurutnya disiplin dan kesadadaraan diri sendiri dari seluruh masyarakat adalah faktor penting dalam pelaksanaan PPKM Darurat. Seluruh komponen masyarakat harus berpartisipasi aktif untuk menetapkan aturan yang ditetapkan pemerintah dengan ketat.

“Dukungan dan partisipasi seluruh masyarakat, ulama, tokoh agama, pengusaha wisata, dan supermarket, pelaku usaha, semuanya sangat kita harapkan agar kasus Covid 19 segera kembali turun”, tutur Sekda Jazuli.

PPKM Darurat ini merupakan upaya menekan angka penambahan kasus COVID-19. Satgas Covid 19 akan membebaskan mobilitas masyarakat yang memasuki wilayah Kabupaten Jombang. Sehingga mendorong masyarakat yang berkepentingan agar tidak melakukan perjalanan ke Kabupaten Jombang.

“Mulai hari ini 3 Juli kita akan sosialisasikan kepada masyarakat, demikian juga 3 pilar Kecamatan se kabupaten Jombang akan melakukan hal yang sama diwilayahnya masing-masing. Jika tidak ada keperluan tetaplah berada di rumah”, pungkas Sekdakab Jombang Akh. Jazuli.

Di PPKM Darurat, peningkatan disiplin masyarakat terkait Protokol Kesehatan lebih ditingkatkan. “Pengetatan jam buka dan tutup semuanya ada banyak penyesuaian. Supermarket, toko dan lainnya jam delapan malam wajib tutup,” kata H. Akh. Jazuli Sekdakab Jombang.

Warung yang menyediakan makan dan minum hanya boleh melayani dengan sistem take away (dibungkus dibawa pulang). Pengetatan juga berlaku pada Aparatur Sipil Negara (ASN). Adapun aturannya sesuai yang disampaikan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan sebagai koordinator pelaksanaan kebijakan PPKM Darurat. Di antaranya, perkantoran yang bergerak di sektor non-esensial wajib 100 persen menerapkan Work From Home (WFH) atau bekerja dari rumah, kegiatan belajar mengajar wajib online atau berani.

Kemudian di sektor esensial, karyawan yang boleh bekerja dari kantor atau Work From Office (WFO) maksimal 50 persen dengan Protokol Kesehatan Ketat. Sektor esensial yang dimaksud meliputi Keuangan dan Perbankan, Teknologi Informasi Dan Komunikasi, Perhotelan Non-Penanganan Karantina Covid-19 serta Industri Orientasi Ekspor.

Lalu, di sektor kritikal, WFO boleh dilakukan 100 persen dengan protokol kesehatan ketat. Cakupan sektor kritikal yakni Energi, Kesehatan, Keamanan, Logistik dan Transportasi, Industri Makanan, Minuman, dan penunjangnya, hingga industri pemenuhan kebutuhan pokok masyarakat sehari-hari.(aan/w2)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *