TNI AL dan HMI Aceh Timur Masuk Sekolah Sosialisasikan Wawasan Kebangsaan

hmi aceh timur
TNI AL dan HMI Aceh Timur saat memberikan wawasan kebangsaan di SMA 1 Darul Ihsan.

ACEH TIMUR, WacanaNews.co.id — Pos TNI AL bekerja sama dengan Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) melaksanakan sosialisasi Wawasan Kebangsaan Cinta Tanah Air di SMA Negeri 1 Darul Ihsan, Keude Dua, Kecamatan Darul Ihsan, Kabupaten Aceh Timur.

Ketua HMI Aceh Timur, Raja Abdul Razi dalam paparan nya menyebutkan kegiatan ini untuk mendongkrak pengetahuan siswa tentang bagaimana bela negara, membuka rasa kesatuan, dan menumbuhkan jiwa besar.

“Pentingnya peran pemuda untuk bangsa, kesadaran berbangsa dan bernegara berarti sikap dan tingkah laku harus sesuai dengan kepribadian bangsa,” kata Raja, Senin (8/5/2023).

Dan sambung Abdul Razi, selalu mengkaitkan dirinya dengan cita-cita dan tujuan hidup bangsa Indonesia sesuai amanah yang ada dalam pembukaan UUD 1945.

Kemudian agenda wawasan kebangsaan cinta tanah air tersebut dilanjutkan pemaparan serta menyuguhi motivasi terhadap siswa oleh Bintara Pembina Potensi Maritim (Babinpotmar) Posal Idi Rayeuk, M. Dede

Diantaranya menceritakan pengalaman yang sudah ditempuh ketika memasuki TNI AL, dan menjelaskan tentang angkatan laut kepada siswa yang hadir sekitar 100 orang.

“Kesadaran bela negara yang ada pada setiap masyarakat didasarkan pada kecintaan kita kepada tanah air, Kita dapat mewujudkan itu semua dengan cara kita mengetahui sejarah negara kita sendiri, melestarikan budaya-budaya yang ada, menjaga lingkungan kita dan pastinya menjaga nama baik,” Sebut M. Dede dalam penyampaiannya terhadap siswa.

Tidak hanya itu saja, Babinpotmar juga memaparkan nilai – nilai bela negara antara lain, Cinta tanah air, kesadaran berbangsa dan bernegara, Pancasila, Rela berkorban untuk bangsa dan negara, Memiliki kemampuan bela negara.

Sementara itu, Kepsek SMA 1 Darul Ihsan, Azizah, mengungkapkan bahwa ia mendukung penuh dan mengapresiasi gerakan dan tindakan yang dilakukan oleh abdi negara bersama dengan organisasi mahasiswa itu.

“Kita berharap kegiatan ini terus berlanjut, agar menumbuh kembangkan rasa cinta tanah air siswa kepada negara,” kata Azizah. (han/jal)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *