Grafis  

Tanda – Tanda dan Gejala Penyakit Liver

penyakit liver
Hepatitis. (istimewa)

GRAFIS, WacanaNews.co.id — Penyakit hati adalah istilah luas untuk segala kondisi yang mempengaruhi hati. Hati adalah organ penting dalam tubuh Anda yang membantu Anda mencerna makanan, menyimpan energi, dan membuang racun. Ada banyak jenis penyakit hati, antara lain hepatitis, penyakit hati berlemak, kanker hati, fibrosis, sirosis, dan gagal hati. Masing-masing kondisi ini memiliki gejala uniknya masing-masing.

Meskipun setiap jenis penyakit hati mempunyai gejala yang sedikit berbeda, semua jenis penyakit hati memiliki beberapa gejala yang sama. Gejala tersebut antara lain mual , penurunan berat badan yang tidak disengaja, kelelahan, kehilangan nafsu makan, dan nyeri di perut bagian kanan atas. Sayangnya, kebanyakan orang tidak menyadari gejalanya sampai mereka berada pada tahap penyakit hati yang lebih parah . Itulah mengapa penting untuk mempelajari tanda-tanda peringatan sejak dini dan memahami kapan harus mencari perawatan medis.

Gejala Hepatitis
Hepatitis adalah salah satu jenis peradangan hati yang pada akhirnya dapat merusak hati dan mempengaruhi fungsi normalnya. Hepatitis biasanya terjadi setelah Anda terinfeksi virus hepatitis A, B, C, D, atau E. Dalam beberapa kasus, hepatitis juga dapat terjadi karena konsumsi alkohol berlebih atau sistem kekebalan tubuh secara keliru menyerang dirinya sendiri (dikenal sebagai hepatitis autoimun).

Jika Anda menderita hepatitis, Anda mungkin mengalami gejala berikut: Demam, Kehilangan selera makan, Mual, Urine berwarna gelap, Nyeri sendi , Kelelahan, Kotoran berwarna tanah liat, Penyakit kuning, atau menguningnya mata dan kulit Anda

Pada beberapa orang, hepatitis sulit dideteksi karena mereka mungkin tidak merasakan gejala selama beberapa tahun. Namun dalam kebanyakan kasus, gejala hepatitis mulai berkembang dalam waktu dua minggu hingga enam bulan setelah infeksi virus.

Gejala Fibrosis
Fibrosis adalah penyakit hati yang menyebabkan jaringan hati Anda rusak atau menebal. Kondisi ini biasanya berkembang karena peradangan hati yang terus-menerus (berkelanjutan), yang pada akhirnya menyebabkan penumpukan kolagen dan protein lain di hati Anda . Akibatnya, hati Anda mulai membentuk jaringan parut, yang berbahaya karena jaringan parut dapat menghalangi atau membatasi aliran darah di dalam hati dan membunuh sel-sel hati yang sehat.

Jika fibrosis ringan atau sedang, kondisi ini tidak menimbulkan gejala apa pun. Namun, jika kondisi Anda berkembang menjadi jaringan parut yang lebih parah, kemungkinan besar Anda akan terkena sirosis, yaitu jenis penyakit hati yang lebih parah dan menimbulkan gejala.

Gejala Sirosis
Sirosis adalah suatu kondisi yang terjadi ketika jaringan parut menggantikan jaringan hati yang sehat, sehingga menyebabkan penyumbatan aliran darah melalui hati Anda.

Jika gejala sirosis tidak ditangani sejak dini, kondisi Anda dapat berkembang menjadi gagal hati. Jika Anda mengalami sirosis, Anda mungkin memperhatikan gejala-gejala berikut: Kulit yang gatal, Kelelahan, Mual, Kehilangan selera makan, Nyeri di perut bagian kanan atas, Kram dan kelemahan otot, Penurunan berat badan yang tidak disengaja.

Jika kondisi Anda memburuk, kemungkinan besar Anda akan mengalami gejala yang lebih serius, seperti: Bengkak di pergelangan kaki, kaki bagian bawah, atau tungkai bawah
Pendarahan internal akibat pecahnya pembuluh darah besar di hati Anda
Asites, atau penumpukan cairan di perut Anda, Urine berwarna gelap, Mudah memar atau berdarah, Penyakit kuning, Kebingungan dan kehilangan ingatan

Gejala Penyakit Hati Berlemak
Penyakit hati berlemak adalah suatu kondisi dimana kelebihan lemak menumpuk di hati. Penumpukan lemak dapat terjadi karena penyakit hati berlemak nonalkohol atau penyakit hati berlemak beralkohol. Penyakit hati berlemak non-alkohol dapat berkembang karena kondisi kesehatan yang mendasari seperti diabetes tipe 2 , obesitas , atau tekanan darah tinggi . Penyakit hati berlemak akibat alkohol sebagian besar terjadi jika Anda mengonsumsi alkohol secara berlebihan dan dalam jangka panjang.

Kedua jenis penyakit hati berlemak ini sebagian besar merupakan penyakit diam (silent disease) yang hanya menimbulkan sedikit atau tanpa gejala. Jika Anda mengalami gejala penyakit hati berlemak, kemungkinan besar Anda akan mengalami sakit perut di sisi kanan atas atau kelelahan. Seperti halnya fibrosis, penyakit hati berlemak juga dapat memburuk dan menyebabkan sirosis. Jika kondisi Anda semakin parah, biasanya gejala sirosis juga akan muncul di kemudian hari.

Gejala Kanker Hati
Kanker hati terjadi ketika sel kanker terbentuk di hati. Karsinoma hepatoseluler adalah jenis kanker hati yang paling umum terjadi pada orang dewasa dan merupakan penyebab utama kematian akibat kanker ketiga di seluruh dunia.

Biasanya, gejala kanker hati cenderung berkembang ketika kanker sudah berkembang. Gejalanya dapat berbeda-beda pada setiap orang dan bergantung pada tingkat keparahan kondisi Anda. Namun, Anda mungkin memperhatikan gejala berikut: Benjolan keras di sisi kanan perut di bawah tulang rusuk, Sakit perut di sisi kanan atas, Perut bengkak, Penyakit kuning, Mudah memar dan berdarah, Kelelahan yang berlebihan, Penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan, Mual, Kotoran berwarna pucat (kotoran), Urine berwarna gelap, Demam

Gejala Gagal Hati
Gagal hati adalah suatu kondisi yang terjadi ketika fungsi hati Anda menurun—atau tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Alasan terjadinya hal ini adalah karena kerusakan hati jangka panjang, yang mungkin terjadi karena hepatitis, sirosis, atau cedera hati.

Jika Anda mengalami gagal hati, biasanya Anda akan mengalami gejala seperti: Kelelahan yang ekstrim, Mual, Sakit perut di sisi kanan atas, Urine berwarna gelap, Penyakit kuning, Kebingungan mental atau kabut otak , akibat ensefalopati hepatik (suatu kondisi yang menyebabkan kurangnya fungsi otak ketika hati tidak mampu mengeluarkan racun dari tubuh dengan baik), Cairan dan bengkak di perut Anda.

Gejala pada Anak
Prevalensi penyakit hati meningkat di kalangan anak-anak dan remaja. Penyakit liver dapat terjadi pada anak karena berbagai faktor seperti kelainan bawaan yang mempengaruhi metabolisme, mengonsumsi obat tertentu, mengalami gangguan saluran empedu , atau rendahnya aliran darah ke hati. Penyakit hati biasanya menyerang anak-anak sama seperti orang dewasa. Jika anak Anda menderita penyakit hati, mereka mungkin mengalami: Mual, Sakit perut, Kelelahan, Kehilangan selera makan, Penyakit kuning, Kulit yang gatal, Kebingungan, Sifat lekas marah, Kesulitan tidur

Kapan Harus Menghubungi Penyedia Layanan Kesehatan
Jika kondisi Anda tidak diobati, penyakit hati dapat menyebabkan kerusakan hati permanen, yang pada akhirnya dapat menyebabkan gagal hati. Anda mungkin ingin mengunjungi penyedia layanan kesehatan jika Anda mengalami gejala berikut: Sakit perut yang tak kunjung hilang, Kelelahan yang ekstrim, Demam tinggi, Pembengkakan perut yang berlebihan, Sesak napas, Muntah darah, Darah di tinja Anda.

Penyedia layanan kesehatan Anda mungkin merekomendasikan tes tertentu seperti tes fungsi hati, biopsi hati , dan pemindaian pencitraan untuk memastikan diagnosis penyakit hati. Diagnosis dan pengobatan dini dapat membantu menunda perkembangan penyakit hati dan bahkan membalikkan kerusakan hati.

Tinjauan Singkat
Penyakit hati adalah istilah umum untuk segala kondisi yang mempengaruhi hati dan fungsinya. Ada beberapa jenis penyakit hati, seperti hepatitis, fibrosis, sirosis, kanker hati, dan gagal hati. Meskipun gejala semua jenis penyakit hati memiliki beberapa gejala yang sama, setiap kondisi menyebabkan gejala uniknya sendiri. Gejala umum termasuk kelelahan, mual, kehilangan nafsu makan, dan sakit perut.

Sayangnya, seringkali orang tidak menyadari atau mengalami gejala penyakit hati sampai terjadi kerusakan hati yang signifikan. Namun bila kondisi Anda semakin parah, fungsi hati Anda bisa menurun dengan cepat dan menyebabkan gejala yang lebih serius. Jika Anda mulai mengalami demam tinggi, darah pada tinja, atau pembengkakan berlebihan di perut, sebaiknya temui penyedia layanan kesehatan Anda sesegera mungkin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *