RSUD Jombang Siap Memberikan Pelayanan Paripurna Pada Penderita Varicella atau Cacar Air

  • Whatsapp
rsud jombang menyapa
dr. Andri Catur J, Sp.KK saat Talkshow Humas RSUD Jombang Menyapa, Kamis (15/04/2021).(wacananews.co.id/pras)

JOMBANG, WacanaNews.co.id — Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Jombang siap memberikan pelayanan Paripurna kepada penderita Varicella atau sering disebut Cacar Air. Hal tersebut di ungkapkan dr. Andri Catur J, Sp.KK saat Talkshow Humas RSUD Jombang Menyapa, Kamis (15/04/2021).

Talkshow digelar di lantai dua RSUD Jombang dengan menghadirkan langsung spesialis kulit, kecantikan dan kelamin dr. Andri Catur J, Sp.KK dengan di pandu presenter cantik Zenita Prayoga dengan topik pembahasan Varicella/Chicken Tox/Cacar Air.

Bacaan Lainnya

dr. Andri Catur J, Sp.KK menjelaskan Varicella atau cacar air disebabkan oleh Virus yang berdanpak inveksi virus di kulit. Prinsip penularan Varicella atau cacar air sama dengan Covid-19, bisa melalui udara, bersentuhan kulit hingga melalui mulut.


“Varicella atau cacar air memang disebabkan oleh virus yang berespresinya mengakibatkan inveksi di kulit. Sehingga orang awam bisa melihat, bisa merasakan dapak dari virus tersebut,” jelas Dokter.

Dokter memaparkan, jika dalam penanganan  virus Varicella harus benar-benar bagus agar  tidak terjadi manivestasi inveksi virus. Ia juga menjabarkan, jika tingkat kekebalan tubuh seseorang sangat mempengarui perkembangan virus didalam tubuh.

rsud jombang menyapa
dr. Andri Catur J, Sp.KK dengan di pandu presenter cantik Zenita Prayoga dalam talkshow RSUD Jombang menyapa.(wacananews.co.id/pras)

“Varicella ini jika tidak ditangani secara benar dan pengobatannya kurang bagus maka dewasanya akan bermanesvestasi namanya  herpes zoster. Tergantung imun respon daya tahan tubuh seseorang, daya tubuh orang yang kuat akan mampu mengendalikan virus tidak dapat bermanesvestasi klinis,” paparnya.


Gejala-gejala awal, lanjut dr. Andri, mengatakan, “Gejala awal deman, nyeri-nyeri sendi, sakit kepala, diawali dari munculnya plenting merah, muncul airnya, hingga bekas luka dan menyembuh, persisnya seperti itu. Penderita pada anak-anak tidak akan mengurangi aktivitas anak dari bermain, makan. Disarankan agar bagi anak-anak tidak masuk sekolah dan harus memakai masker agar tidak menular kepada yang lain,” lanjutnya.

Sampai kapan? Jawab dr. Andri, jika waktu penyembuhan virus Varicella ini sampai tiga minggu atau 21 hari mulai dari masa inkubasi sampai pengeringan luka dapa kulit.


“Sampai lukanya lepas berlangsung kira-kira tiga mingguan sampai 21 hari. Kalau inkubasi itu kan 1-8 hari saat virus masuk kedalam tubuh kita sampai reaksi yang di timbulkan sampai muncunya keromeng biasanya 3 minggu, jadi durasi virus sampai sembuh sampai 21 hari,” jawabnya Dokter.

Pesan? masih dr. Andri, jangan kwatir dalam menghadapi virus Varicella atau cacar air karena dapat disembuhkan dengan pengobatan yang benar dan penanganan yang benar juga. RSUD Jombang siap memberikan pelayanan Paripurna.


“Bahwa RSUD Jombang melalui poli kulit dan kelamin siap memberikan pelayanan semaksimal mungkin terhadap permasalahan-permasalahan hematologis di Kabupaten Jombang dan sekitarnya dengan fasilitas yang lengkap, insak allah kita akan memberikan pelayanan paripurna, yaitu pelayanan sampai selesai atau tuntas,” pungkasnya.(pras/w2)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *