Grafis  

Penting Diketahui, Cara Mencegah Serangan Jantung

jantung
Ilustrasi Jantung. (wacananews.co.id)

GRAFIS, WacanaNews.co.id — Serangan jantung yang secara medis dikenal sebagai infark miokard terjadi ketika penyumbatan di aliran darah mengganggu aliran darah dan oksigen ke jantung. Tanpa pemulihan cepat aliran darah ini, bagian jantung yang terkena akan mulai mati karena kekurangan oksigen. Sayangnya, tanpa intervensi yang tepat, bisa berakibat fatal.

Cara Mencegah Serangan Jantung
Oleh Alexandria Jones-Patten, PhD, RN  Diterbitkan pada 2 November 2023
Ditinjau secara medis oleh Angela Ryan Lee.

Mengenali gejala serangan jantung sangat penting untuk intervensi dan pengobatan yang cepat. Gejalanya mungkin berupa rasa tidak nyaman di dada, rasa lemas yang tiba-tiba, pusing, dan sesak napas . Jika Anda atau seseorang di sekitar Anda menunjukkan tanda-tanda terkena serangan jantung, segera hubungi layanan darurat. Semakin cepat responsnya, semakin besar peluang pemulihannya.

Setelah serangan jantung tidak berarti berakhirnya kehidupan aktif. Dengan pengobatan yang cepat dan perawatan yang tepat, banyak orang terus menjalani kehidupan yang memuaskan. Meskipun sering terjadi, ada beberapa strategi pencegahan yang dapat Anda terapkan dalam hidup Anda untuk mengurangi risiko terkena.

Siapa yang Paling Berisiko?
Serangan jantung sering terjadi ketika jantung tidak menerima cukup darah kaya oksigen. Penyebab umum serangan jantung adalah penyakit arteri koroner suatu kondisi jantung yang berkembang ketika arteri koroner (pembuluh darah yang memasok darah ke jantung) menyempit karena penumpukan zat lilin yang disebut plak. Seiring berjalannya waktu, pembuluh darah yang sempit dapat menyebabkan nyeri dada, kesulitan bernapas, atau penyumbatan yang dapat menyebabkan serangan jantung.

Ada juga jenis serangan jantung yang disebut MINOCA, yang merupakan singkatan dari infark miokard tanpa adanya penyakit arteri koroner obstruktif. Hal ini lebih sering terjadi pada orang yang dianggap sebagai perempuan saat lahir , individu yang lebih muda , dan kelompok ras dan etnis tertentu, termasuk orang Amerika keturunan Afrika, Amerika keturunan Asia, dan Amerika Latin.

Serangan jantung yang bukan disebabkan oleh penyakit arteri koroner bisa dipicu oleh kondisi lain yang memengaruhi jantung. Anda mungkin berisiko terkena jika Anda hidup dengan salah satu kondisi berikut:

Plak kecil: Penumpukan plak di dinding arteri (pembuluh darah) dapat menyebabkan pembekuan darah dan menghambat aliran darah.

Kejang arteri koroner: Dalam beberapa kasus, arteri koroner dapat mengalami penyempitan parah secara tiba-tiba, yang dapat menghambat aliran darah.
Penggumpalan darah: Dikenal sebagai emboli arteri koroner, hal ini terjadi ketika gumpalan darah terbentuk di tempat lain di tubuh dan bergerak ke arteri koroner, menyebabkan penyumbatan.

Diseksi arteri: Kadang-kadang, lapisan dalam arteri koroner dapat robek, menyebabkan terbentuknya bekuan darah yang dapat menghalangi aliran darah.

Perlu dicatat bahwa peluang Anda terkena penyakit jantung atau serangan jantung dapat meningkat jika Anda memiliki riwayat keluarga dengan masalah kardiovaskular . Jika anggota keluarga dekat Anda, seperti orang tua atau saudara Anda, pernah mengalami gangguan jantung, ada kemungkinan Anda juga mengalaminya.

Misalnya, jika saudara kandung Anda mempunyai masalah jantung, risiko Anda sendiri untuk menghadapi masalah serupa bisa meningkat sekitar 40%. Jika orang tua Anda menderita masalah jantung di usia muda, risiko serangan jantung Anda sendiri bisa melonjak sebesar 60% hingga 75%.

Oleh karena itu, penting untuk memperhatikan riwayat kesehatan jantung keluarga Anda. Hal ini dapat memberi Anda informasi awal tentang potensi masalah jantung yang mungkin Anda alami di masa depan dan memberi Anda kesempatan untuk mencoba tindakan pencegahan untuk menurunkan risiko penyakit.

Cara Mengurangi Resiko
Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk memantau dan mencegah risiko serangan jantung . Ini termasuk melakukan tes dan pemeriksaan rutin, melakukan penyesuaian terhadap faktor gaya hidup tertentu, dan terkadang bahkan bertanya kepada penyedia layanan kesehatan Anda tentang metode pengobatan komplementer.

Pengujian dan Pemutaran
Penting untuk melakukan pemeriksaan fisik rutin atau tahunan dengan penyedia layanan kesehatan Anda untuk mengetahui status kesehatan Anda secara keseluruhan. Selama janji temu ini, penyedia layanan kesehatan Anda kemungkinan akan memeriksa faktor-faktor berikut yang dikaitkan dengan serangan jantung:

Tekanan darah: Tekanan darah tinggi tidak selalu menunjukkan gejala, namun dapat meningkatkan risiko serangan jantung. Periksakan tekanan darah Anda saat pemeriksaan kesehatan rutin dan diskusikan pembacaan Anda serta perawatan apa pun yang mungkin Anda perlukan jika tekanan darah Anda terlalu tinggi atau terlalu rendah.

Kadar kolesterol: Tes profil lipoprotein puasa mengukur kadar kolesterol Anda . Bagi kebanyakan orang yang memiliki risiko normal terkena serangan jantung, penyedia layanan kesehatan merekomendasikan untuk melakukan tes ini setiap empat hingga enam tahun sekali. Namun jika Anda berisiko lebih tinggi terkena penyakit jantung, serangan jantung, atau stroke, penyedia layanan kesehatan Anda mungkin merekomendasikan pemeriksaan yang lebih sering.

Glukosa darah (gula): Penyedia layanan kesehatan Anda biasanya akan memesan tes darah standar yang dikenal sebagai panel metabolik komprehensif (CMP) untuk memeriksa glukosa darah Anda atau jumlah gula yang Anda miliki dalam aliran darah Anda. Kelebihan glukosa bisa menjadi tanda diabetes, yang meningkatkan risiko serangan jantung. Memeriksa kadar gula darah Anda setiap tahun atau memantau glukosa Anda jika Anda menderita diabetes dapat membantu menilai risiko serangan jantung.

Perubahan Gaya Hidup
Untungnya, ada beberapa perubahan gaya hidup yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi risiko serangan jantung dan membantu Anda menjalani hidup yang sehat dan memuaskan. Strategi pencegahan ini meliputi:

Berhenti merokok: Jika Anda atau seseorang yang dekat dengan Anda merokok, berhenti adalah salah satu cara paling efektif untuk melindungi diri dari serangan jantung. Tidak selalu mudah untuk menghentikan kebiasaan merokok jangka panjang. Jika Anda tertarik untuk berhenti, bicarakan dengan penyedia layanan kesehatan Anda dan cari sumber daya berhenti merokok lainnya untuk mendapatkan dukungan tambahan.

Makan makanan yang seimbang: Diet Anda adalah cara ampuh untuk menurunkan risiko serangan jantung. Pilihlah makanan kaya nutrisi seperti buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian sambil meminimalkan lemak jenuh, tambahan gula, dan natrium. Keseimbangan adalah kunci untuk menjaga kesehatan jantung Anda.

Mengawasi kolesterol: Memiliki kolesterol tinggi dapat meningkatkan risiko serangan jantung. Menurunkan asupan lemak jenuh dan tetap aktif dapat membantu menjaga kadar kolesterol. Jika kebiasaan makan dan olahraga tidak menurunkan kadar kolesterol Anda , bicarakan dengan penyedia layanan kesehatan Anda tentang obat-obatan yang dapat menjaga kolesterol Anda tetap terkendali.

Mengontrol tekanan darah: Tekanan darah tinggi meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke. Mengurangi garam, mengonsumsi obat hipertensi yang diresepkan, dan aktivitas fisik teratur dapat membantu mengatur tekanan darah Anda.

Bergerak: Salah satu cara menjaga kesehatan jantung adalah dengan melakukan aktivitas fisik atau berolahraga secara rutin. Para ahli merekomendasikan untuk melakukan olahraga sedang setidaknya 150 menit per minggu. Memulai dengan lambat tidak apa-apa—setiap aktivitas berkontribusi pada jantung yang lebih kuat dan sehat.

Mempertahankan berat badan yang tepat untuk Anda: Kelebihan lemak di sekitar perut dapat meningkatkan jumlah timbangan dan meningkatkan risiko penyakit jantung . Pola makan seimbang dan gerakan teratur dapat membantu Anda mencapai dan mempertahankan berat badan yang sehat, sekaligus mengurangi kemungkinan komplikasi jantung.

Mengelola diabetes: Jika Anda menderita diabetes , pemeriksaan rutin dan gaya hidup yang terkelola dengan baik, termasuk pola makan seimbang dan aktivitas fisik, sangat penting untuk mengontrol kadar gula darah dan menurunkan risiko serangan jantung.
Memprioritaskan tidur: Kualitas tidur adalah landasan kesehatan Anda secara keseluruhan. Upayakan tidur 7 hingga 9 jam per malam untuk meningkatkan kualitas tidur dan mengurangi risiko penyakit jantung.

Mengurangi stres: Stres kronis (jangka panjang) merupakan faktor utama berbagai kondisi kesehatan termasuk serangan jantung. Turunkan tingkat stres Anda dengan menemukan cara sehat untuk mengekspresikan perasaan dan mengurangi ketegangan. Strategi ini mungkin termasuk yoga, menulis jurnal, meditasi, menghabiskan waktu di alam terbuka, atau berkumpul dengan orang yang Anda cintai.

Kapan Harus Menghubungi Penyedia Layanan Kesehatan
Jika Anda memiliki kondisi yang mendasarinya, riwayat masalah jantung dalam keluarga, atau kekhawatiran lain yang dapat meningkatkan risiko serangan jantung , ada baiknya Anda berbicara secara terbuka dengan penyedia layanan kesehatan Anda mengenai kekhawatiran atau pertanyaan Anda. Penyedia Anda mempertimbangkan riwayat kesehatan dan kebutuhan individu Anda, sehingga menjadikannya pilihan terbaik untuk menawarkan saran kesehatan yang dipersonalisasi kepada Anda. Ingatlah bahwa kesehatan dan tubuh setiap orang itu unik, jadi apa yang cocok untuk orang lain mungkin tidak cocok untuk Anda.

Dengan berkonsultasi dengan penyedia layanan kesehatan Anda, Anda memastikan bahwa setiap langkah yang Anda ambil untuk mengurangi risiko aman dan disesuaikan dengan profil kesehatan spesifik Anda. Selain itu, jika Anda sedang mempertimbangkan perubahan signifikan seperti pola makan baru atau pola olahraga, atau jika Anda perlu mengelola kondisi seperti tekanan darah tinggi atau kolesterol, mendapatkan nasihat profesional sangatlah penting untuk menavigasi perubahan ini secara efektif dan aman.

Tinjauan Singkat
Serangan jantung dapat terjadi ketika penyumbatan aliran darah menghalangi jantung Anda menerima cukup darah kaya oksigen untuk berfungsi. Meskipun serangan jantung sering terjadi, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mencegah atau mengurangi risikonya.

Strategi pencegahan tersebut antara lain berhenti merokok, mengontrol tekanan darah dan gula darah, mengonsumsi makanan seimbang, cukup berolahraga sepanjang minggu, dan menurunkan tingkat stres. Jika Anda mengkhawatirkan atau mungkin berisiko terkena serangan jantung, sebaiknya temui penyedia layanan kesehatan Anda untuk menanyakan pertanyaan Anda dan cara untuk menurunkan kemungkinan komplikasi jantung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *