Pemuda Katolik Jatim Gelar KKM, Ajak Sukseskan Pemilu 2024

Pemuda Katolik
Kursus Kepemimpinan Menengah (KKM) Pemuda Katolik Komda Jawa Timur. (istimewa)

SURABAYA, WacanaNews.co.id — Pemilihan Umum yang waktunya kian dekat menjadi salah satu bahan Kursus Kepemimpinan Menengah (KKM) Pemuda Katolik Komda Jawa Timur.

Dalam materi tersebut, para peserta yang berasal dari berbagai daerah di Jawa Timur dan Jawa Tengah belajar tentang action plan untuk terlibat dalam sosialisasi Pemilihan Umum.

Sekadar diketahui, dalam Pemilu 2024 ini masyarakat akan memilih Presiden dan Wakil Presiden, Anggota DPR, DPD, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota sekaligus. Pemilihan dijadwalkan berlangsung pada 14 Februari 2024.

“Para peserta diharapkan menjadi pioner untuk bisa menggerakkan suara-suara pemuda untuk bisa mensukseskan Pemilu,” kata Ketua Pemuda Katolik Komda Jatim Christophorus Wahyo Suryo, dalam keterangannya, Selasa (24/10/2023).

Untuk membekali itu, para peserta dilatih oleh sejumlah tokoh dan pakar di bidang masing-masing. Di hari pertama, Romo Ignatius Priyambodo CM yang membuka pelatihan, sekaligus memberi materi pertama.

Di hari berikutnya,  Dr. Drs. Teguh Priyo Sadono M.Si pengajar di Universitas 17 Agustus. Lalu Adi Sutarwijono, Ketua DPRD Kota Surabaya yang memberi pelatihan ‘Analisis Karakter dan Modal Sosial dalam Masyarakat’.

Kemudian Yessika Indarini, serta Ketua Pemuda Katolik Komda Jatim Christophorus Wahyo Suryo.

Ketua Umum Pengurus Pusat Pemuda Katolik Stefanus Asat Gusma yang hadir dari Jakarta juga membekali peserta dengan materi terkait Change Management.

Materi ini wajib diberikan mengingat goal dari KKM salah satunya adalah kepeloporan kader di tingkat provinsi. Para peserta KKM adalah para calon-calon pemimpin di level provinsi.

“Semangat reborn and grow further yang menjadi tagline Pemuda Katolik saat ini bukan sebatas slogan tetapi kita semua harus berupaya mengaktivasi seluruh sumber daya kader untuk menjadi organisasi yang mandiri dan berdaya saing demi karya nyata bagi Gereja dan Tanah air,” ujar Gusma.

Di hari terakhir, Agatha Retnosari Anggota DPRD Jatim sekaligus Pembina Pemuda Katolik Komda Jatim yang memberikan materi.

Untuk diketahui, pelatihan KKM Pemuda Katolik Komda Jawa Timur ini berlangsung selama 3 hari sejak Jumat (20/10/2023) hingga Minggu (22/10/2023) di Gedung Widya Kartika. (oby/jal)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *