Peluang Export Jangkrik, Berikut Cara Budidayanya

budidaya jangkrik
Budidaya Jangkrik. (istimewa)

WacanaNews.co.id — Perkembangan dunia peternakan budidaya jangkrik menjadi salah satu pilihan usaha. Budidaya jangkrik bukan hanya skala kecil karena jangkrik sudah menjadi salah satu usaha peternakan kelas menengah dan besar.

Dilangsir dari agrotek, kebutuhan jangkrik di dalam negeri sebagai pemasok pakan burung dan pakan reptil sudah sangat pesat. Sejalan dengan peningkatan kebutuhan jangkrik secara otomatis mendorong peningkatan produksi jangkrik menjadi peluang yang sangat lebar.

Hal ini tentu tidak menutup kemungkinan akan peluang ekspor jangkrik di luar negeri. Di pasar luar negeri kebutuhan tepung berprotein tinggi yang sehat organik dan diterima pasar sangatlah terbuka lebar. Konsumen dari Amerika Serikat, Jepang, Korea dan Eropa sebenarnya banyak melirik tepung jangkrik sebagai bahan makanan berprotein tinggi.

Begitu juga dengan Singapura dan Malaysia di pasaran luar negeri harga jangkrik terbilang cukup tinggi, untuk jangkrik itu digunakan sebagai pakan burung Arwana memerlukan pasokan jangkrik sebagai bentuk lagi di negara tetangga seperti Malaysia. Dengan populasi yang lebih besar maka pastinya kebutuhan jangkrik di Malaysia juga terbilang luar biasa.

Sedangkan untuk negara Thailand dan Vietnam jangkrik juga menjadi komoditas yang diperhitungkan jangkrik. Di Thailand sudah menjadi bahan kuliner yang ditawarkan sebagai wisata kuliner ekstrem apabila kekurangan pasokan tentunya pasar. Thailand bisa menjadi sasaran market jangkrik yang baru tentunya dengan melihat kualitas dan kuantitas yang baik yang kita punyai.

Perserikatan bangsa-bangsa atau PBB memprediksi populasi dunia akan mencapai 9 miliar pada tahun 2050. Beberapa masalah akan timbul salah satunya kurangnya bahan pangan berupa daging. Namun organisasi dibawah naungan PBB mengklaim telah menemukan solusi untuk mengatasi hal itu.

Dengan serangga sebuah buku yang diterbitkan oleh VAO mengatakan entimologi atau memakan serangga berdampak baik bagi tubuh karena memiliki banyak nutrisi. Selain itu kebiasaan tersebut dinilai lebih ramah lingkungan. Bahkan awal tahun ini VAO melakukan investasi pada sebuah perusahaan Exzo, perusahaan tersebut membuat protein yang sering yang itu telah mengumpulkan dana minimal 5,6 dolar Amerika.

Organisasi pangan dan pertanian PBB melaporkan bahwa untuk dapat mengurangi kelaparan Dunia. Tidak hanya karena serangga mudah dibesarkan tapi jumlahnya juga banyak. Serangga pun menggunakan sedikit air dibandingkan ternak seperti sapi dan konsumsi makanan sisa. Sehingga mereka lebih mudah dikembangkan dibandingkan sumber protein lain.

Untuk memenuhi kebutuhan pasar luar negeri, ada beberapa hal yang harus diperhatikan seperti produk yang berkualitas premium, kontinuitas produksi, produk olahan pangan lebih ramah lingkungan.

Berternak serangga lebih ramah lingkungan, karena lebih sedikit gas rumah kaca. Hal tersebut disebabkan karena hanya dibutuhkan sedikit lahan ternak dan bahan limbah. Memnurut Bisnis Insaider, berternak serangga tidak seburuk yang kita bayangkan berdasarkan jumlah orang yang memiliki rasa seperti dan kalajengking.

dilangsir dari berbagai sumber ada beberapa hal yang perlu kamu siapkan sebelum memulai budidaya. Yang pertama menentukan lokasi jangkrik sangat menyukai lokasi tenang dan Selain itu dengan mendapat sirkulasi udara yang baik untuk penyesuaian suhu ruangan dari lokasi yang ramai dan bising seperti pasar atau Jalan Raya lingkungan yang jauh dari kegiatan manusia.

Tempat jangkrik tidak boleh terkena sinar matahari secara langsung yang kedua persiapan kandang kandang untuk budidaya jangkrik bisa dibuat dari berbagai bahan seperti kardus pakar atau triplek besar kandang jangkrik kotak seperti pasti bisa terbuat dari papan atau triplek.

Yang ketiga, budidaya jangkrik dengan mulai pembibitan bibit yang baik haruslah yang sehat tidak sakit, tidak gatal dan umurnya sekitar 10 sampai 20 hari. Calon induk jangkrik yang baik adalah yang berasal dari tangkapan alam bebas ini karena biasanya memiliki ketahanan tubuh yang lebih baik.

Namun juga bisa dibeli di toko pakan yang menyediakan pakan hidup. Adapun cara membedakan jantan dan betina yang paling mudah adalah melihat ekornya hanya memiliki dua ekor sedangkan ketika memiliki 3 ekor. (pra)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *