PD Muhammadiyah Audiensi Dengan Bupati Jombang Sikapi Perbedaan Perawatan Idul Fitri

muhammadiyah jombang
Suasana Audiensi PD Muhammadiyah Jombang Dengan Bupati Mundjidah Wahab di pendopo Kabupaten.

JOMBANG, WacanaNews.co.id — Mengantisipasi terjadinya perbedaan dalam penanganan Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1444 H, Bupati Jombang Hj Mundjidah Wahab beraudiensi dengan Pimpinan Daerah (PD) Muhammadiyah Kabupaten Jombang beserta Pengurus, pada Rabu (19/4/23) malam.

Audiensi berlangsung santai dalam suasana yang sangat akrab, berlangsung di rumah Dinas Bupati Jombang. Tampak BupSuati Mundjidah Wahab didampingi Kepala Bakesbangpol Jombang Anwar MKP, Kabag Kesra Jumadi, Sekretaris Dinas Kominfo Kabupaten Jombang Ida Khumaida, Kabag Prokopim, Sugianto.

Mengawali sambutannya, Bupati Mundjidah Wahab menyampaikan ucapan terima kasih atas kehadiran Pengurus PD Muhammadiyah Kabupaten Jombang. Bupati juga memberikan ucapan selamat atas terpilihnya kembali Prof. Dr. Ir. Abdul Malik MP IPU untuk mengemban amanah menjadi Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kabupaten Jombang periode tahun 2022-2027.

Dalam audiensi tersebut, disinggung terkait Penetapan Hari Raya Idul Fitri (1 Syawal 1444 H). Disampaikan oleh Bupati bahwa saat berbelanja awal Ramadhan atau Puasa, baik Pemerintah, Muhammadiyah dan NU telah menentukan waktu yang sama. Akan tetapi untuk membayar 1 Syawal 1444 H, tanggal resmi mengenai Hari Raya Idul Fitri, Pemerintah Kabupaten Jombang tetap akan menyesuaikan menunggu Pengumuman hasil Isbat dari Kementerian Agama RI.

“Apabila terjadi perbedaan penetapan Awal Bulan Syawal 1444 H di Indonesia, Saya menghimbau kepada masyarakat Kabupaten Jombang utamanya warga muslim di Kabupaten Jombang untuk tetap menyikapi dengan bijak menyikapi prinsip saling menghargai, toleransi dan memediasi ukhuwah Islamiyyah”, ujarnya.

“Adanya perbedaan penetapan Hari Raya Idul Fitri merupakan sebuah hal yang wajar, untuk itu mari kita tetap saling menghormati, menghargai agar suasana yang kondusif saat merayakan Hari Kemenangan umat Islam tetap terjaga”, himbau Bupati Mundjidah Wahab

Bupati Jombang menjamin warga Muhammadiyah di Kabupaten Jombang tetap bisa menjalankan shalat ldul Fitri di tempat yang telah ditentukan, tanpa perlu merasa khawatir juga cemas.

Pemerintah Kabupaten Jombang telah berkoordinasi dengan pihak keamanan untuk membantu menjaga lokasi shalat Idul Fitri warga Muhammadiyah yang dilaksanakan pada, Jumat (21/4/2023), agar tetap berjalan aman dan kondusif saat menjalankan Sholat Idul Fitri, pungkas Bupati Mundjidah Wahab. (aan/jal)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *