Menpora Amali Yakin Suporter Bisa Nonton Dirumah Saja Demi Sepak Bola Indonesia

  • Whatsapp
Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainduin Amali menyebut suporter adalah bagian dari sepak bola yang tidak bisa dipisahkan. Menpora Amali pun tak bisa membayangkan jika sepak bola tidak ada suporter.(foto:raiky/kemenpora.go.id)

JAKARTA, WacanaNews.co.id — Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainduin Amali menyebut suporter adalah bagian dari sepak bola yang tidak bisa dipisahkan. Menpora Amali pun tak bisa membayangkan jika sepak bola tidak ada suporter.

“Saya yakinkan dan saya bilang, suporter atau penonton ini jangan kita jadikan mereka hanya sebagai konsumen. Tetapi mereka adalah bagian dari sepak bola kita. Sama persis posisi mereka dengan peran pemain, peran pelatih, peran manajer, dan lainnya,” kata Menpora Amali dalam diskusi Kompetisi Sepak Bola Ditengah Pandemi Covid-19 yang diselenggarakan Paguyuban Suporter Timnas Indonesia (PSTI) secara virtual, Sabtu (6/3).

Bacaan Lainnya

Dimasa pandemi Covid-19, sepak bola salah satu yang terkena imbasnya. Ini tentu berpengaruh terhadap Timnas Indonesia yang akan mengikuti SEA Games 2021. Kompetisi belum bergulir. Menpora Amali terus berupaya hingga akhirnya uji coba Timnas Indonesia U-23 dan turnamen pramusim Piala Menpora 2021 mendapatkan izin dari pihak kepolisian.

“Jadi saya sampaikan ke pihak kepolisian, saya bersilaturahmi dengan suporter dan pemilik/pengurus klub. Pertandingan uji coba dan rencana turnamen pramusim, suporter tidak usah datang ke stadion. Cukup nonton dari rumah. Nggak usah nobar. Jangan berkerumun. Jadi, itu yang saya minta kepada mereka, tolong dipatuhi. Saya datang ke Polri, hingga akhirnya dikeluarkan izin itu,” terang Menpora Amali.

Uji coba dan turnamen pramusim Piala Menpora 2021 menjadi ujian untuk terselenggaranya kompetisi sepak bola nasional. Jika keduanya berjalan dengan baik, diharap izin kompetisi liga agar bergulir bisa didapat. Sebab, bergulirnya kompetisi merupakan ujung dari prestasi.

“Nah, kompetisi merupakan ujung dari pembinaan menuju timnas. Pelatih menyampaikan, bagaimana bisa membuat tim bisa bagus tapi kesempatan bertanding tidak ada. Ini yang saya laporkan kepada Bapak Presiden (Joko Widodo). Perhatian beliau luar biasa terhadap olahraga,” kata Menpora Amali.

Sementara itu, Ketua Umum PSTI, Ignatius Indro mengapresiasi langkah yang dilakukan Menpora  Amali dalam memajukan sepak bola nasional. Dia juga setuju, suporter merupakan bagian dari sepak bola.

“Suporter bagian dari sepak bola. Kita sambut baik ini, juga mengkampanyekan nonton dari rumah. Saya yakin suporter kita sudah dewasa dan mengikuti protokol kesehatan yang ada,” jelasnya.(sumber:kemenpora.go.id)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan