Grafis  

Mengenal Jenis Kurma dan Cara Budidayanya

jenis jenis kurma
Kurma.

WacanaNews.co.id — Kurma telah menjadi makanan pokok di timur tengah selama ribuan tahun lamanya. Pohon kurma diyakini berasal dari sekitar Teluk Persia dan telah dibudidayakan sejak zaman kuno kemungkinan pada awal 4000 sebelum masehi.

Bangsa Mesir kuno menggunakan buahnya untuk dibuat menjadi anggur kurma dan memakannya pada saat panen. Kurma merupakan tanaman tradisional yang penting di Turki, Irak, Arab, Afrika utara sampai ke Maroko. Di negara-negara Islam kurma dan yogurt atau susu adalah makanan tradisional yang utama untuk berbuka puasa pada saat bulan Ramadan.

Pohon kurma berbuah setelah ditanam selama empat sampai tujuh tahun dan bisa dipanen ketika telah berusia 7 sampai 10 tahun pohon kurma yang telah dewasa bisa menghasilkan 80 hingga 120 kg dan mendapatkan buah yang berkualitas.

Untuk bisa dipasarkan pandan kurma harus ditipiskan dan dibungkus atau ditutup sebelum matang supaya buahnya bisa tumbuh menjadi lebih besar dan terlindungi dari Cuaca dan hama seperti burung. Kurma adalah jenis buah yang bisa tumbuh kapan saja sepanjang tahun.

Namun umumnya buah ini sering dipanen pada musim gugur atau awal musim dingin di negara asalnya. Alasannya karena di musim dingin buah ini berada dalam kondisi paling segar. Buah yang juga sering disebut sebagai buah nabi ini nyatanya kaya nutrisi yang menguntungkan. Secara umum kandungan utama dari buah ini adalah karbohidrat sederhana.

Terutama gula seperti sukrosa dan fruktosa hampir 70% dari kurma terdiri dari karbohidrat. Kurma juga mengandung beberapa nutrisi lainnya seperti serat, protein, magnesium, tembaga, mangan, zat besi, vitamin B6, kalsium, vitamin K, asam folat serta antioksidan seperti karoten fenolik dan antonim.

Dibedakan dari tingkat kematangannya kandungan nutrisi buah ini bisa bervariasi antar satu dengan yang lain. Misalnya saja kurma segar lebih sedikit kandungan kalori dan gulanya ketimbang kurma Kering. Kurma segar memiliki kandungan air serat dan protein yang jauh lebih banyak daripada versi keringnya.

Tahukah kamu kalau ada begitu beragam jenis kurma. Bahkan ada kurma yang dinobatkan sebagai jenis kurma termahal di dunia. Mungkin banyak yang bingung Mengapa jenis kurma tersebut memiliki harga yang jauh lebih mahal dari jenis lainnya.

Dilansir dari kompas.com kalau di pasar internasional jenis kurma paling mahal diantaranya ialah kurma Ajwa, betjol, Bill Gate Noor, sukari dan halas. Dilansir dari kompas.com harga kurma midjon per 1 kg ialah sekitar 100 dirham atau sekitar 420.000 untuk kurs tahun 2020 sementara itu kurma kurvard dengan kacang dibanderol dengan harga sekitar 210.000 per kg.

Kurma halas dibandrol dengan harga sekitar 169 per kg. Untuk kurma Ajwa atau yang disebut juga dengan kurma Nabi harganya umumnya mulai dari 350.000 hingga jutaan rupiah. Harga jenis kurma tersebut bergantung pada kualitasnya. (pras/w2)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.