Mengenal Gejala Penyakit Kanker Pada Anak

kanker anak
Mengenal Gejala Penyakit Kanker Pada anak. (wacananews.co.id/pras)

KESEHATAN, WacanaNews.co.id — Kanker pada anak merupakan salah satu penyakit yang menjadikan mimpi buruk setiap orangtua. Meskipun kanker pada anak relatif jarang terjadi, tetapi hal tersebut tidak menutup kemungkinan dan dampaknya sangat besar bagi keluarga serta anak yang terkena. Kanker anak biasanya terjadi ketika sel-sel abnormal tumbuh di dalam tubuh anak dan menyebar ke bagian tubuh yang lain.

Berdasarkan jenisnya, terdapat beberapa jenis kanker yang paling umum dan kerap ditemukan pada pasien anak-anak, diantaranya adalah leukemia, tumor otak, tumor neuroblastoma, dan limfoma.

Adapun gejala kanker pada anak cukup beragam, hal ini tergantung pada jenis kanker yang diderita oleh sang anak. Beberapa gejala yang umum terjadi pada anak-anak yang terkena kanker antara lain:

1. Perut yang membuncit
2. Nyeri pada tangan, kaku/tulang dan bengkak tanpa ada riwayat trauma maupun infeksi
3. Sakit kepala yang menetap
4. Penurunan berat badan
5. Demam tanpa ada sebab yang jelas
6. Batuk yang menetap
7. Berkeringat saat di malam hari
8. Terlihat benjolan/pembengkakan yang tidak nyeri tanpa sebab yang jelas.

Kanker anak memang merupakan salah satu penyakit tidak menular (PTM) yang menakutkan, tetapi dengan melakukan deteksi dini dan pengobatan yang tepat pada setiap gejala yang muncul, kesempatan untuk sembuh dari kanker anak semakin besar.

Dengan demikian, orangtua harus selalu waspada dan mengamati kesehatan anak mereka agar dapat segera mengambil tindakan jika ditemukan gejala yang mencurigakan. (sumber:upk kemenkes)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *