Melalui Program Berkadang, Dinas Perkim Jombang Bangun MCK Untuk Mewujudkan Lingkungan Sehat

mkc perkim jombang
Bangunan MCK dari program Berkadang Dinas Perkim Kabupaten Jombang. (wacananews.co.id/pras)

JOMBANG, WacanaNews.co.id — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jombang, Jawa Timur melalui Dinas Perumahan dan Permukiman (Perkim) tahun ini mengalokasikan dana sebesar Rp 6.750.000.000,- (Enam Milyar Tujuh Ratus Lima Puluh Juta Rupiah) dalam Program Jombang Berkadang (Berkarakter dan Berdaya Saing) untuk pembangunan sarana mandi cuci kakus (MCK) sebagai upaya untuk mendorong terciptanya lingkungan sehat.

Jombang Berkadang ini tersebar di beberapa desa di Wilayah Kabupaten Jombang. Salah satu yang menerima Program ini adalah Kecamatan Jombang yang akan di bangun di Tahun Anggaran 2023.

Kepala Dinas Perkim Kabupaten Jombang, Agung Hariadi mengatakan program Jombang Berkadang salah satu program pendukung mewujudkan Jombang Open Defecation Free di tahun 2023.

“Program Jombang Berkadang ini adalah salah satu bentuk perhatian Pemerintah Kabupaten Jombang untuk mendukung agar Jombang menjadi Kabupaten yang ODF (Open Defecation Free) di Tahun 2023,” ungkapnya, Jum’at (6/10).

Adapun besaran dana pembangunan untuk MCK ini adalah Rp. 5.000.000,- per unit, dengan rincian bangunannya adalah bilik kamar mandi, kakus / toilet dan tangka septik yang telah memenuhi standart Kementerian PUPR.

Agung berharap dengan kebutuhan sanitasi warga yang layak dapat meningkatkan kualitas hidup semakin baik. Serta warga turut berpartisipasi dalam menjaga fasilitas MCK agar selalu bersih dan nyaman.

“Pemerintah Kabupaten Jombang melalui Dinas Perumahan dan Permukiman berharap dengan adanya pemenuhan kebutuhan dasar warga berupa sanitasi yang layak, tentu akan berimbas pada kualitas hidup warga desa semakin baik. Selain itu setelah pembangunan ini diharapkan masyarakat yang mendapatkan bantuan program pembangunan MCK ini dapat berpartisipasi dalam menjaga kebersihannya. Sehingga kenyamanan menggunakan fasilitas MCK ini bisa terjaga,” pungkasnya. (pras/jal)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *