Ketua TP PKK Malra Serahkan 40 Ton Pangan Konsumsi dan Bantuan Bibit Komoditi Hortikultura Kepada Masyarakat

Dinas ketahanan pangan malra
Penyaluran paket bantuan tersebut diserahkan langsung oleh Ketua TP PKK Kabupaten Maluku Tenggara (Malra), ibu Eva Eliya Hanubun.(wacananews.co.id/pas)

Maluku Tenggara, WacanaNews.co.id — Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Maluku Tenggata salurkan tiga jenis bantuan kepada masyarakat, Senin 7 Desember 2020 di Halaman Kantor Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Maluku Tenggara.

Penyaluran paket bantuan tersebut diserahkan langsung oleh Ketua TP PKK Kabupaten Maluku Tenggara (Malra), ibu Eva Eliya Hanubun.

Bacaan Lainnya

Ketua TP. PKK Kabupaten Malra dalam sambutannya menyampaikan ketahanan pangan adalah suatu kebutuhan bagi masyarakat maupun pemerintah tapi ketersediaan pangan yang cukup belum tentu dapat menjamin terhindarnya penduduk dari masalah pangan dan Gizi.

“Jadi ketersediaannya pangan perlu juga diperhatikan pola Konsumsi Rumah tangga atau keseimbangan kontribusi jenis pangan yang akan dikonsumsi sehingga dapat memenuhi standar gizi yang dianjurkan,” bebernya.

Hanubun menyampaikan kegiatan diverivikasi pangan merupakan upaya untuk memvariasikan makanan pokok yang dikonsumsi sehingga tidak terfokus pada satu jenis saja, selain itu juga mendorong masyarakat Maluku tenggara agar dapat memanfaatkan potensi lahan yang tersedia dengan membudidayakan komodity ubi kayu (enbal) secara komersial melalui proses budidaya pengolahan dan pemasaran hasil.

Ketua TP PKK Malra ini mengakui bahwa arah dan kebijakan Bupati Maluku Tenggara yang mana hasil Vee Kesyang ditujukan untuk masyarakat marginal dan hari ini hasil itu telah diserahkan kepada masyarakat sesuai dengan harapan dan keinginan itu.

“Puji syukur melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Malra telah disalurkan 4 ton enbal baubes, penyerahan bibit Hortikultura untuk 9 kecamatan, dan hasil Vee kesyang kepada 30 KK di Langgur (Savsiuv).

Usai kegiatan Kepala Seksi Produksi Tanaman Holtikultura, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Malra Marten Yaftoran kepada media ini menjelaskan, fokus kegiatan ini hanya untuk kelompok yang dianggap marginal.

Yaftoran mengatakan bahwa penyaluran ini berupa bantuan dalam bentuk Konsumsi konsumsi maupun dalam bentuk bibit komoditi Hortikultura.

“Jenis bantuan berupa pangan konsusmsi yang dapat diserahkan kepada kelurahan Ohoijang Watdek, dan Langgur khususnya savsiu dan Pokarina dan untuk bibit komoditi holtikultura akan diserahkan ke 9 kecamat yang terdiri atas 28 Ohoi,” tambahnya.

Kepala seksi ini katakan bahwa hasil Vee Kesyang ini bukan hanya kali ini disalurkan ke masyarakat tapi sudah disalurkan sebelumnya dalam bentuk Sayur-sayuran dan kali ini berupa umbi-umbian dan kedepan akan ada lagi hasil dari Vee Kesyang yang dibagikan kepada masyarakat.(pas/w2)

Tinggalkan Balasan