Kantor Pelayanan Pajak Pratama Jombang Anggarkan Milyaran Rupiah Untuk Sewa Gedung Kantor Tiap Tahunya

Kantor Pelayanan Pajak Pratama Jombang
Kantor Pelayanan Pajak Pratama Jombang yang berada di Jl. Abdurrahman Wahid no. 157 Jombang.

JOMBANG, WacanaNews.co.id – Kantor Pelayanan Pajak Pratama Jombang yang merupakan salah satu eselon satu dibawah Kementerian Keuangan Indonesia mempunyai peran penting dalam merumuskan serta melaksanakan kebijakan dan standarisasi teknis bidang perpajakan. Meski langsung dibawah Kementerian Keuangan, Kantor Pelayanan Pajak diduga juga tidak luput dari praktek korupsi.

Seperti hanya beberapa waktu lalu telah viral Eks Pejabat pajak yang terseret kasus korupsi oleh KPK yang sampai hari ini kasusnya masih berjalan. Tidak menutup kemungkinan hal serupa juga terjadi di jajaran Pejabat Pajak di tingkatan bawah, namun hal tersebut masih perlu dilakukan pembuktian.

Contohnya yang terjadi di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Jombang ini, dimana setiap tahunya menganggarkan Milyaran Rupiah untuk sebagai sewa Gedung Kantor yang dinilai tidak wajar. Kantor Pelayanan Pajak Pratama Jombang yang dulunya berada di Jl. Abdurrahman Wahid no. 157 yang pindah alamat ke Jl. Prof. Dr. Nurcholis Madjid No. 1, Cangkringrandu, Kec. Perak, Kab. Jombang tersebut tercatat setiap tahunya menganggarkan Milyaran Rupiah namun pada Tahun terakhir 2022 anggaran Milyaran tersebut diperuntukan selama 2 tahun.

Berikut Rincian Daftar Penggunaan Anggaran Sewa Gedung Kantor Pelayanan Pajak Pratama Jombang sejak Tahun 2019 hingga 2022.

  1. Jasa Sewa Bangunan Gedung Kantor Tahun Anggaran 2019, Sumber APBN sebesar 1.078.560.000 selama jangka Waktu 366 hari/1 Tahun yang mana Pemanfaatanya mulai September 2019 hingga September 2020 yang berlokasi di Jl. Abdurrahman Wahid no. 157 Jombang.
  2. Pengadaan Jasa Sewa Bangunan Kantor Tahun Anggaran 2020, Sumber APBN sebesar 1.135.000.000 selama jangka Waktu 1 Tahun yang mana Pemanfaatanya mulai September 2020 hingga September 2021 yang berlokasi di Jl. Abdurrahman Wahid no. 157 Jombang.
  3. Pengadaan Sewa Bangunan Kantor Tahun Anggaran 2021, Sumber APBN sebesar 1.211.772.000 selama jangka Waktu 1 Tahun yang mana Pemanfaatanya mulai Oktober 2021 hingga September 2022 yang berlokasi di Jl. Abdurrahman Wahid no. 157 Jombang.
  4. Belanja Sewa Gedung Kantor Tahun Anggaran 2022, Sumber APBN sebesar 1.296.600.000 selama jangka Waktu 24 Bulan yang mana Pemanfaatanya mulai Oktober 2022 hingga September 2024 yang berlokasi di Jl. Prof. Dr. Nurcholis Madjid No. 1, Cangkringrandu, Kec. Perak, Kab. Jombang.

Dari rincian diatas terlihat adanya perbedaan dimana pada saat berkantor di Jl. Abdurrahman Wahid mulai tahun 2019 hingga 2021 Kantor Pelayanan Pajak Pratama Jombang menganggarkan 1 Milyar lebih untuk jangka waktu satu tahun sewa. Sedangkan saat sudah pindah ke Jl. Prof. Dr. Murcholis Madjid pada tahun 2022 anggaran 1 Milyar diperuntukan selama dua Tahun sewa.

Merasa anggaran tersebut tidak wajar, Tim dari WacanaNews.co.id menggali informasi berkenaan besaran harga pasar sewa di wilayah jalan Jl. Abdurrahman Wahid. Dari berberapa sumber menerangkan harga sewa pertokoan diwilayah itu tidak sampai Milyaran rupiah dalam setahunya. Bahkan salah sumber menyebutkan harga sewa ruko di wilayah tersebut hanya Puluhan Juta Rupiah ada yang sampai Ratusan rupiah tergangung luas wilayahnya dalam satu tahun.

Memastikan anggaran tersebut, Tim WacanaNews.co.id pada waktu itu berusaha konfirmasi kepada pejabat Kantor Pajak Pratama Jombang namun tidak dapat menemuinya dengan alasan harus menggunakan surat resmi. Sesuai permintaan, kami pun berkirim surat resmi berkenaan konfirmasi anggaran tersebut. Namun jawabanya tidak sesuai dengan yang diinginkan, dimana Kepala Kantor Pelayanan Pajak Pratama Jombang harus mendapatkan izin dari Menteri Keuangan dalam memberikan keterangan atau bukti tertulis. (pras/jal)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *