Jombang Menjadi Tuan Rumah Porseni MA Se Jatim 2022

porseni 2022
Sebanyak 38 kontingen Kabupaten/Kota di Jawa Timur mengikuti Opening Ceremony di GOR Merdeka Jombang

JOMBANG, WacanaNews.co.id — Kabupaten Jombang menjadi tuan rumah Pekan Olahraga dan Seni (Porseni) tingkat Madrasah Aliyah (MA) Se Jawa Timur tahun 2022. Opening Ceremony Porseni MA 2022 yang diikuti 38 kontingen Kabupaten/Kota di Jawa Timur ini dilaksanakan di GOR Merdeka Jombang, pada Sabtu (26/3/2022) siang.

“Atas nama pribadi dan Pemerintah Kabupaten Jombang, saya mengucapkan selamat datang kepada seluruh rombongan kontingen peserta Porseni Madrasah Aliyah tingkat Provinsi Jawa Timur di kabupaten Jombang”, tutur Bupati Jombang Hj Mundjidah Wahab mengawali sambutannya.

Selaku pemerintah Kabupaten Jombang, Bupati Mundjidah Wahab sangat menyambut baik dan positif kegiatan Porseni MA tingkat Provinsi Jawa Timur sebagai langkah awal dan strategis mendorong peningkatan pengembangan olah raga dan seni di Provinsi Jawa Timur khususnya.

“Tentunya ini merupakan suatu kehormatan dan kebanggaan bagi kami atas dipilihnya Kabupaten Jombang sebagai tempat penyelenggaraan Porseni Madrasah Aliyah tingkat Provinsi Jawa Timur tahun 2022 ini.

Kami memberikan apresiasi yang sangat tinggi kepada seluruh panitia penyelenggara karena dalam situasi covid 19 yang telah berupaya dan bekerja keras untuk mensukseskan kegiatan porseni yang merupakan agenda 2 tahunan ini” tambahnya.

Bupati Mundjidah Wahab berharap para peserta yang terpilih mewakili kontingen Kabupaten/Kota bisa mengharumkan nama kabupaten / kota masing-masing di tingkat Provinsi.

“Jaga nama baik Madrasah dan Kabupaten atau Kota kalian, diantaranya dengan menjunjung sportivitas dan prestasi, menjaga kekompakan, sportifitas dan solidaritas selama bertanding. Yang terpenting adalah usaha dan doa. Semua orang akan melihat apa yang mampu kalian lakukan, baik itu di bidang olahraga maupun seni, dengan olahraga hidup akan menjadi sehat, dengan seni hidup akan lebih indah, dengan ilmu pengetahuan dan teknologi kita bisa menguasai dunia, dan dengan ilmu agama dan karakter hidup akan terarah dan berkarakter. Tunjukkan madrasah yang hebat bermartabat di bidang olahraga dan seni, gali potensi, tunjukkan bakat masing-masing yang sesuai keahlian dan tetap jaga prokes”, pungkas Bupati Jombang Hj. Mundjidah Wahab.

Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur Dr. H. Husnul Maram, MHI yang membuka acara tersebut dengan bacaan Al-fatihah, juga Basmalah, selanjutnya Bupati Jombang Hj. Mundjidah Wahab yang melakukan pemukulan Bedug  disaksikan oleh jajaran Forkompimda Kabupaten Jombang, serta seluruh kontingen.

Kakanwil Kemenag Jatim, Husnul Maram mengatakan, kegiatan rutin dilakukan setiap dua tahun sekali ini untuk meningkatkan kualitas anak didik supaya sesuai dengan slogan, Madrasah Yang Mandiri dan Berprestasi. Prestasi ini salah satunya adalah prestasi olahraga dan seni.

“Porseni MA di Jombang ini ada 7 cabang olahraga dan 9 cabang seni. Pertandingan sudah dimulai sejak kemarin,” terangnya.

Kegiatan ini juga merupakan bentuk sinergi antara Kanwil Kemenag Jatim dengan Pemerintah Kabupaten Jombang.

“Kegiatan ini sangat diharapkan oleh masyarakat Jatim. Sebab sempat tertunda karena Pandemi Covid-19. Mudah-mudahan dengan semangat secara bersama-sama ini, bisa betul betul menjadi Madrasah yang mandiri dan berprestasi,” tandas Maram.

Pelaksanaan perlombaan yang dilaksanakan mulai 25-27 Maret 2022 ini dilakukan di beberapa tempat di Kabupaten Jombang. Selain di GOR, pertandingan juga digelar di Stadion, Indoor tennis, Islamic Center Jombang, Masjid Agung Baitul Mukminin, STKIP,  juga di MAN 1, MAN 3 dan MAN 4.

Kepala Kemenag Jombang, Taufiqurrahman mengucapkan terimakasih pada Bupati Jombang, yang telah memfasilitasi kegiatan Porseni MA ini. Dia berharap kegiatan bisa menginspirasi para pelajar di Madrasah se Jawa Timur.

“Mudah-mudahan Kabupaten Jombang mendapat inspirasi dan prestasi terbaik,” pungkasnya.(aan/w2)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.