Jombang Menjadi Tuan Rumah Pembukaan SAKO Pramuka Se Jawa Timur

sako pramuka
Bupati Jombang Hj. Mundjidah Wahab saat memberikan sambutan pada pembukaan Sako Pramuka.

JOMBANG, WacanaNews.co.id — Bupati Jombang Hj. Mundjidah Wahab sebagai Ketua Majelis Pembimbing Cabang Gerakan Pramuka Jombang dan Pengurus Majelis Pembimbing Cabang Gerakan Pramuka Jombang serta Ketua dan Wakil Ketua Pengurus Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jawa Timur menghadiri Pembukaan Pelatihan Manajemen Satuan Komunitas (Sako) se-Jawa Timur di pendopo Kabupaten Jombang, Rabu (3 /8/2022) pagi.

Pelatihan Manajemen Satuan Komunitas (Sako) se-Jawa Timur 2022 dibuka oleh Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jawa Timur, HM Arum Sabil SP ditandai dengan penyematan tanda peserta yang didampingi oleh Bupati Jombang Hj Mundjidah Wahab sebagai Ketua Majelis Pembimbing Cabang Gerakan Pramuka Jombang dan Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Jombang; Agus Purnomo, SH, M.Si.

Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jawa Timur, HM Arum Sabil SP dalam sambutannya berpesan kepada seluruh anggota pramuka Jawa Timur, untuk terus bernyanyi lengan baju, menggelorakan semangat, bangunlah jiwa raga, menguatkan mental, mengasah pikiran, dan perkuat iman.

“Kita mendorong anak-anak muda kader-kader praja muda karana untuk menjadi pelopor di garda terdepan sebagai penemu, pencipta, dan penggagas memperkuat dukungan pendidikan, di perlindungan kesehatan negara. Kemandirian dan ekonomi, dalam bidang ekonomi, pendidikan, kesehatan dan alat pertahanan negara,” ungkapnya.

Hadir Ketua Majelis Pembimbing dan Ketua Pimpinan Sako Ma’arif NU Jawa Timur, Sako Sekawan Persada Nusantara Jawa Timur dan Sako Sekolah Islam Terpadu Jawa Timur, serta peserta Pelatihan Manajemen Sako Tahun 2022.

Bupati Jombang Hj Mundjidah Wahab selaku Ketua Majelis Pembimbing Cabang Gerakan Pramuka Jombang dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat datang kepada seluruh undangan yang hadir di Pendopo Pemkab Jombang.

“Atas nama pemerintah Kabupaten Jombang, saya mengucapkan selamat datang kepada perwakilan Sako Ma’arif NU, Sako Pramuka SIT (Sekolah Islam Terpadu), dan Sako Pramuka SPN (Sekawan Persada Nusantara) sebagai peserta manajemen satuan komunitas (sako) se-Jawa Timur di Kabupaten Jombang.Terima kasih kepada semua pihak khususnya kepada panitia pelaksana atas terselenggaranya kegiatan ini”, tutur Bupati Mundjidah Wahab.

Disampaikan Bupati bahwa, Sako Pramuka adalah bagian integral dari gerakan pramuka. Dalam pelaksanaan kegiatannya, Sako harus selalu berkoordinasi dengan kwartir. “Hal ini penting saya tekankan, agar tidak ada aktivitas kepramukaan yang dilaksanakan Sako tanpa diketahui oleh Kwartir yang bersangkutan. Apalagi melibatkan pihak dari luar gerakan pramuka”, tutur Bupati Mundjidah Wahab.

Sako melalui Kwartirkan, memfasilitasi, dan mendukung pelaksanaan pendidikan kepramukaan bagi gugus depan yang berbasis komunitas. Mengingatkan kembali bahwa watak serta akhlak mulia generasi muda tak lepas dari peran pramuka sebagai wadah pembentukan karakter.

“Karena itu saya berharap Pramuka terus menjadi yang terdepan dalam revolusi mental bagi kaum muda. Jujur, disiplin, tangguh dan bergantung pada nilai-nilai budaya. Semoga Pelatihan Manajemen Satuan Komunitas (Sako) se-Jawa Timur bisa berjalan sukses dari sampai akhir, dan bisa menambah wawasan peserta”, tandas Bupati Mundjidah Wahab.

Pelatihan Manajemen Pengelolaan Satuan Komunitas Pramuka Tahun 2022 bertujuan untuk meningkatkan pemahaman tentang organisasi pendukung Gerakan Pramuka yaitu Sako Pramuka. peningkatan keterampilan dalam pengelolaan administrasi gugus depan dilingkungan Sako Pramuka. peningkatan Kapasitas Pengelolaan Sako Pramuka. Dan meningkatkan peran Sako Pramuka ditingkat gugus depan, mengomel, cabang maupun daerah.

Pelatihan Manajemen Pengelolaan Sako Pramuka dilaksanakan selama 2 hari pada 3-4 Agustus 2022 di Pendopo Kabupaten Jombang dan Agropolis Wonosalam, Kabupaten Jombang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *