Jaringan Internet di Maluku Tenggara Capai 76,96 Persen

Jaringan internet malra
Kepala Dinas Koumunikasi dan Informatika Kabupaten Maluku Tenggara Walken Raharusun.(wacananews.co.id/pas)

Maluku Tenggara, WacanaNews.co.id Presentase Maluku Tenggara (Malra) dari 192 Ohoi (Desa) terdapat 147 Ohoi sudah terkoneksi jaringan 4G demikian ungkap Kepala Dinas Koumunikasi dan Informatika Kabupaten Malra Walken Raharusun, Selasa (09/12/20).

Kepala Dinas menyampaikan untuk presentasenya Maluku Tenggara yang sudah terkoneksi internet 76,96% sedangkan yang terkoneksi jaringan seluler 78,53% dan untuk Blank spot atau belum terkoneksi sama sekali 21,47%.

Bacaan Lainnya

“Maluku tenggara mengalami sedikit peningkatan Drastis terkait jaringan ini disebabkan adanya penambahan 9 Menara Telkomsel dan peningkatan jaringan dari 2G ke 4G terhadap 8 menara dan 2 menara Zait merah putih yang dipasang di Ohoiwait Kecamatan Kei Kecil Timur dan Ohoi Hoor Kecamatan Kei Besar Utara Barat,” Beber Kepala Dinas.

Raharusun menjelaskan bahwa untuk Maluku Tenggara Khususnya Kecamatan Kei Kecil sudah 100% terkoneksi jaringan 4G untuk Kecamatan Kei Kecil Timur dari 18 Ohoi sudah 100 % walaupun ada Ohoi yang terkoneksi penuh dan ada Ohoi yang terkoneksi pada area-area tertentu. Sedangkan pada kecamatan Kei Kecil Timur Selatan dari 11 Ohoi sudah terkoneksi penuh hanya dua Ohoi yang terkoneksi pada area tertentu. Sedangkan pada Kei Kecil Barat daru 10 Ohoi terdapat 3 Ohoi yang terkoneksi jaringan 4G hanya pada area tertentu dan 8 Ohoi yang sudah terkoneksi 4 G sedangkan 2 Ohoi masih tercatat sebagai Black Spot atau belum terkoneksi jaringan 4G maupun 2G.

“Untuk diketahui juga bahwa yang disebut dengan area tertentu adalah Ohoi yang pada lokasi tertentu mendapat Signal, contoh, pantai, gunung, maupun tanjung atau area lain yang ada di Ohoi tersebut, sedangkan yang disebut sebagai Blank Spot adalah Ohoi yang belum sama sekali tersentuh atau terkoneksi oleh jaringan baik itu jaringan 4G maupun jaringan 2G,” jelasnya.

Lanjut Kadis bahwa untuk Kecamatan Manyeuw dari 11 Ohoi semua sudah terkoneksi jaringan 4G dan ke Kecamatan Hoat Sorbai terdapat 9 Ohoi dan semua sudah terkoneksi jaringan 4G.

Sedangkan untuk Wilayah Kei Besar, khususnya kecamatan Kei Besar dati 37 Ohoi terdapat 34 Ohoi yang sudah terkoneksi tetapi area tertentu terdapat pada 2 ohoi sedangkan 3 Ohoinya masih Blank spot, sedangkan pada Kecamatan Kei Besar Selatan terdapat 9 Ohoi yang sudah 4G sedangkan 1 Ohoi masih Blank Spot, kecamatan Kei Besar Selatan Barat dari 13 Ohoi terdapat 10 Ohoi sudah 4G sedangkan 3 Ohoi masih Blank Spot, sedangkan KeiBesar Utara Timur dari 30 Ohoi terdapat 20 Ohoi masih Blank Spot dan Utara Barat dari 25 Ohoi ada 12 Ohoi yang masih Blank spot.

Raharusun mengakui bahwa yang menjadi catatan besar pihaknya saat ini ialah Utara Timur dan Utara Barat, Dinas Kominfo Malra akan berupaya untuk area Utara Timur dan Utara barat agar menekan area-area yang masih Blank Spot.

“Selaku Pemerintah Daerah kami sangat mengapresiasi dan berterima kasih untuk Bakti Kominfo dan pihak Telkomsel yang sudah membantu konektifitas baik jaringan internet maupun jaringan seluler di wilayah Maluku Tenggara,” terangnya

Mantan Kabag Humas dan Protokoler Malra ini mengatakan bahwa pihaknya saat ini sudah menyurati Kementrian Kominfo dalam hal ini bakti Kominfo, dan pihak Telkomsel untuk area-area yang masih Blank Spot di Maluku Tenggara, dan ini dipersiapkan ditahun 2021 nanti.

Terlepas dari jaringan 4G Dinas Kominfo Maluku Tenggara juga sudah memperbaharui Website Maluku Tenggara ada juga aplikasi Maluku Tenggara menuju E Government.

“Jadi kedepan target kami semua laporan dari kantor-kantor OPD maupun Laporan dari Ohoi dan pengaduan dari Masyarakat semua berbasis online lewat aplikasi yang akan disipakan nanti,” papar Raharusun.

Kepala Dinas termuda ini menyampaikan pihaknya saat ini sedang berupaya untuk meningkatkan agar kedepan Maluku Tenggara 100% terkoneksi jaringan Internet.(pas/w2)

Tinggalkan Balasan