Diterjang Angin Puting Beliung Sebanyak 27 Rumah di Banyuwangi Rusak

Angin puting beliung banyuwangi
Kerusakan rumah yang dialami warga Desa Sraten, Kecamatan Cluring, Kabupaten Bayuwangi diakibatkan oleh angin puting beliung pada Jum'at (5/2) pukul 16.00. (BPBD Kabupaten Banyuwangi)

BANYUWANGI, WacanaNews.co.id — Angin puting beliung mengakibatkan sejumlah rumah warga Banyuwangi rusak. Sebanyak 15 rumah yang berada di Desa Sraten, Kecamatan Cluring, Kabupaten Banyuwangi, Provinsi Jawa Timur, rusak sedang.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Banyuwangi melaporkan 12 unit rumah lainnya rusak ringan. Di samping kerusakan rumah warga, peristiwa ini mengakibatkan kerusakan ringan 1 unit musola dan 1 unit bangunan sekolah. Instalasi listrik di lokasi desa terdampak mati.

BPBD setempat mencatat 1 warga luka ringan dan 27 keluarga terdampak.

Peristiwa angin puting beliung dipicu oleh hujan dengan intensitas tinggi disertai angin kencang. Kejadian berlangsung pada hari ini, Jumat (5/2), pukul 16.00 waktu setempat atau WIB.

Merespons kejadian, Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Kabupaten Banyuwangi melakukan penilaian dampak di lokasi yang dibantu oleh perangkat desa. Penanganan darurat juga berlangsung untuk penanganan pohon tumbang.

Berdasarkan prakiraan cuaca BMKG, wilayah Cluring masih berpotensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang pada esok hari (6/1). Menyikapi kondisi tersebut, masyarakat diimbau untuk tetap waspada dan siap siaga dalam menghadapi potensi bahaya hidrometeorologi, seperti banjir, tanah longsor maupun angin kencang.(langsir:bnpb.go.id)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *