Cara Budidaya Strawberry, Harganya Fantastis

cara budidaya Strawberry
Buah Strawberry (istimewa)

WacanaNews.co.id — Strawberry merupakan buah berwarna merah merona yang menjadi favorit segala usia, buah ini sering digunakan sebagai aksesoris pada berbagai kue. Budidaya Strawberry pun kini kian diminati masyarakat.

Menurut Argotek, buah Strawberry berasal dari daerah subtropis dan pertama kali ditemukan di daerah Chili Amerika Serikat. Oleh karena itu di Indonesia hanya ada beberapa wilayah yang dapat ditanami tanaman ini. Buah ini memiliki rasa campuran manis dan asam yang memberikan sensasi menyenangkan bagi yang mencicipinya dan tampilannya memanjakan mata.

Strawberry memiliki akar tunggang dengan panjang akarnya dapat mencapai 10 cm akar tanaman strawberry akan muncul dari batang yang tebal dan pendek yang memiliki bentuk seperti rumpun batang. Tanaman strawberry terlihat seperti beruas ruas pendek memiliki kandungan air yang cukup banyak dan tertutupi oleh daun.

Strawberry memiliki bunga 10 kelopak yang berwarna hijau bunga, Strawberry ini tidak muncul secara bersamaan buah strawberry berbentuk oval dan lonjong jika matang akan berwarna merah terdiri dari biji-bijian keras berwarna putih.

Kandungan yang terdapat dalam buah Strawberry yaitu vitamin A vitamin B1 B2 B3 B6 vitamin E vitamin K vitamin C Cal potasium antioksidan dan mangan. Produk makanan yang terbuat dari strawberry telah banyak dikenal misalnya sirup.

Untuk strawberry syarat pertumbuhan tanaman Strawberry yang pertama dipengaruhi oleh iklim curah hujan penyinaran cahaya, temperatur dan kelembaban udara. Media tanam yang dapat digunakan yaitu tanah liat berpasir, subur, gembur mengandung banyak bahan organik, dan tata cara air serta udara yang baik.

Strawberry dapat diperbanyak dengan biji dan benih vegetatif atau anakan, akar Sulur kebutuhan benih per hektar antara 40.000 hingga 50.000 sesuai dengan jenis varietas maupun jarak tanam. Perbanyakan vegetatif lebih baik melalui stolon daripada anakan.

Sehingga memungkinkan tanaman untuk tumbuh di tanah dengan modal bisa juga melalui perbanyakan secara in Vitro. Perbanyakan secara in Vitro dilakukan untuk mendapatkan bibit bebas virus. Tanaman asal stolon dan anakan mulai berbunga ketika berumur 2 bulan setelah Tanam bunga pertama sebaiknya dibuang, setelah tanaman berumur 4 bulan bunga dibiarkan tumbuh menjadi buah.

Periode pembungaan dan pembuahan dapat berlangsung selama 2 tahun tanpa henti, buah ketika panen disimpan dalam suatu wadah dengan hati-hati agar tidak memar. Simpanlah buah yang telah dipanen di tempat Teduh atau di bawah langsung ke tempat penampungan.

Hasil strawberry merupakan salah satu komoditas buah yang memiliki nilai ekonomi tinggi, menurut penelitian pada tahun 2016 tanaman ini masuk di Indonesia sekitar tahun 1980-an dan mulai dikembangkan secara luas pada tahun 1990-an. Buah strawberry dapat dikonsumsi segar atau dalam bentuk olahan seperti sirup, selai, dodol, manisan dan bahan tambahan pada kue atau es.

Dalam buah strawberry juga terdapat banyak senyawa kimia yang beberapa di antaranya berhasil untuk melawan penyakit kanker dan penyakit jantung. Selain itu juga bisa untuk mempercantik kulit, memutihkan gigi, menghilangkan bau mulut dan meningkatkan kekuatan otak.

Dalam budidaya tanaman strawberry perlu juga memperhitungkan persentase benih yang dapat berbunga dan berbuah. Kemampuan setiap batang tanaman untuk hasilkan buah berbeda-beda, pada tanaman strawberry biasanya hanya sekitar 80% yang produktif.

Dalam analisis produktivitas diasumsikan sebesar 0,4 kg pertanaman per tahun. Meskipun demikian dengan perawatan yang baik produktivitas tanaman strawberry dapat mencapai 0,7 kg per tanaman pertahun.

Harga jual strawberry pun bermacam – macam berkisar antara Rp8.000 hingga Rp40.000 per kg, bahkan bisa mencapai Rp80.000 per kg. Harga jual yang digunakan adalah harga rata-rata Rp25.000 per kg.

Bahkan ada Strawberry yang termasuk buah termahal di dunia yaitu strawberry Binjinheme. Strawberry Binjinhime berasal dari Jepang dan memerlukan waktu 45 hari untuk tumbuh. Strawberry ini dijual per biji dengan harga 4000 dolar atau sekitar 56 juta rupiah.

Namun dengan harga yang selangit tentu Strawberry yang dibudidayakan memiliki perawatan yang khusus baik dari pupuk suhu air dan nutrisi yang sudah pasti tercukupi. Dengan perawatan dan peremajaan kemudian menghasilkan strawberry Bijinhime dengan kualitas terbaik memiliki warna merah menyala seberat 100 gram beratnya lebih dari tiga kali jenis strawberry biasa.

Dari segi rasa juga diyakini mempunyai rasa lebih lembut sedikit lebih manis serta tekstur yang padat walau dijual dengan harga 59 juta atau sakit 4000 dolar namun banyak juga yang membelinya sebagai hadiah spesial. (pra)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.